Perlu Anda Ketahui Pengaruh Diabetes dengan Fungsi Penglihatan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Perlu Anda Ketahui Pengaruh Diabetes dengan Fungsi Penglihatan

FAJAR.CO.ID. SURABAYA – Salah satu komplikasi dari penyakit diabetes adalah diabetic retinopathy atau gangguan penglihatan yang diakibatkan oleh komplikasi diabetes.

Saat ini jumlah penderitanya kian meningkat. Itu terlihat dari data pasien di layanan rawat jalan Poli Mata RSUD Dr Soetomo, dimana sekitar 25-30 persen yang berobat di tempat ini merupakan pasien dengan masalah penglihatan sebagai akibat dari penyakit gula.

“Di Poli Mata yang berada di Instalasi Rawat Jalan (IRJ) rata-rata dalam sehari bisa menerima 100 hingga 200 pasien. Dari jumlah itu, sekitar 25 hingga 30 persennya merupakan penderita diabetic retinopathy,” ujar Dr Djiwatmo SpM(K), kepala SMF Kesehatan Mata RSUD Dr Soetomo, Senin (8/12).

Dijelaskan Djiwatmo, kebanyakan pasien diabetic retinopathy yang datang adalah bukan yang baru saja menderita atau penyakit tersebut baru dideteksi.

Namun, banyak yang sudah terlambat hingga fungsi matanya sudah sangat terganggu.

“Mungkin di bawah 30 persen dari pasien diabetic retinopathy yang memang penyakit benar-benar baru muncul atau komplikasi baru terjadi, selebihnya sudah dikatakan terlambat penanganannya,” jelasnya.

Padahal, semakin dini penyakit ditemukan harapan untuk mempertahankan fungsi penglihatannya semakin  besar.

Namun dengan rendahnya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan gejala awal suatu penyakit sering membuat penyakit yang ada di tubuh mereka terlambat dideteksi.

Bahkan ada beberapa pasien yang sudah kehilangan fungsi penglihatannya.

Oleh karena itu, Djimatmo mendukung  dan  menyarankan agar para penderita diabetes, selain periksa dan berobat ke bagian penyakit dalam, mereka juga diarahkan untuk melakukan pemeriksaan mata.

Hal ini dimaksudkan untuk dapat sedini mungkin mendeteksi komplikasi dari penyakit.

“Walaupun kadang dokter dari bagian penyakit dalam sudah mengarahkan untuk juga melakukan pemeriksaan mata, namun tidak semua pasien mengindahkan dan mau memeriksakan matanya. Inilah yang menyebabkan banyaknya pasien diabetic retinopathy dengan kondisi yang sudah parah,” tukasnya. (nur/hen/awa/jpg)

loading...
Click to comment
To Top