Petani Panen Semangka Lebih Awal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Petani Panen Semangka Lebih Awal

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksanan Penyuluhan Bulukumba menetapkan waktu reuni sawah serta penggarapan lahan dan penanaman padi musim ini. Akibatnya, sejumlah petani panen semangka lebih awal dan menggarap lahan persawahan mereka persiapan penanaman padi.

Koordinator Penyuluh Kabupaten, H Tamsil mengatakan, jika curah hujan sudah membaik maka warga mulai menabur benih pada akhir Desember dan mulai melakukan penanaman pada minggu pertama atau minggu kedua Januari. “Itu bisa saja berubah tergantung curah hujan,” katanya, jumat 11 desember.

Dia juga menjelaskan, petani harus mengikuti instruksi penyuluh lapangan yang ada dipedesaan supaya penanaman padi bisa dilakukan serentak untuk mengantisipasi serangan hama yang bisa saja setiap saat terjadi. Dia juga mengharapkan petani bisa melakukan penanaman padi sesuai dengan instruksi para penyuluh lapangan.

Salah seorang petani di Desa Bontosunggu, Ambo mengatakan, sudah banyak petani di desanya yang memanen semangka yang masih belum matang. Menurut dia, itu dilakukan karena warga akan menggarap lahan persawahannya untuk ditanami padi.

Selain itu, jika warga tidak memanen semangkanya maka semangka tersebut akan membusuk jika curah hujan yang cukup tinggi. “Kami juga menginginkan semoga kedepannya hasil panen melimpah tidak seperti pada musim lalu,” terangnya. (mustaqim musma/zainuddin saleha/FAJARONLINE)


Click to comment
To Top