Tonasa Sukses Bangkitkan 977 UKM di Pangkep – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Tonasa Sukses Bangkitkan 977 UKM di Pangkep

FAJAR.CO.ID, PANGKEP — PT Semen Tonasa menyalurkan bantuan kemitraan sebesar Rp13,2 miliar untuk pelaku usaha kecil di Pangkep. Bantuan tersebut disalurkan hingga enam tahap selama 2015.

Direktur Keuangan PT Semen Tonasa, Subhan mengatakan, bantuan tersebut untuk membantu meningkatkan usaha kecil dan menengah di sekitar wilayah perusahaan semen pelat merah tersebut.

Dia menjelaskan, total usaha kecil yang telah dibina perusahaan tersebut sudah mencapai 977 unit yang berada di wilayah ring satu hingga ring tiga wilayah kerja PT Semen Tonasa.

“Ada 554 mitra binaan baru yang diberikan bantuan, sementara 423 unit usaha merupakan mitra binaan lanjutan,” ujar Subhan, Kamis 10 Desember.

Subhan menjelaskan, anggaran tersebut dibagi ke beberapa sektor usaha, di antaranya usaha perdagangan 160 unit, industri 14 unit, perikanan delapan unit, peternakan 14 unit, jasa 29 unit, dan jasa 41 unit.

Menurut dia, bantuan tersebut merupakan pinjaman tanpa agunan dengan bunga 0,9 persen. Dia menjelaskan, mengatakan, sebelum diberikan bantuan, para pengusaha juga diberikan pelatihan usaha. “Jadi mereka bukan hanya diberikan modal usaha, tapi mereka juga dibina sampai sukses,” katanya.

Kepala Bidang Perindustrian dan Perdagangan Disperindag Pangkep, Salam Sappewali, menambahkan, kegiatan perekonomian masyarakat di wilayah industri PT Semen Tonasa terus berkembang sehingga jumlah pengangguran terus berkurang.

Dia menjelaskan, dari beberapa unit usaha di bina, evaluasi kinerjanya terus membaik sehingga Tonasa memberikan dampak positif. “Tonasa telah memberikan perubahan untuk kemajuan ekonomi masyarakat,” jelasnya. (takdir/zainuddin saleha/FAJARONLINE)


loading...
Click to comment
To Top