Bagi Para Pengguna Apple, Ada Peringatan untuk Anda… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Teknologi

Bagi Para Pengguna Apple, Ada Peringatan untuk Anda…

FAJAR.CO.ID – Kehebatan teknologi pada perangkat Apple membawa brand asal Amerika itu semakin populer. Pengguna produk dari perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs ini terus merangkak naik dalam beberapa tahun terakhir.

Senior Manager Security Response Symantec Singapore, Eugene Teo menyebutkan, berdasarkan data IDC, perusahaan dengan logo buah apel kini menyumbang 13,5 persen dari pengirimansmartphone global dan 7,5 persen dari pengiriman PC global.

Meski demikian, Teo menilai hal tersebut bukan sepenuhnya kabar baik. Peningkatan jumlah pengguna ini justru mendapatkan perhatian khusus dari para penjahat siber.

Mereka telah mulai mengembangkan malware tertentu yang dirancang untuk menginfeksi perangkat yang berjalan pada Mac OS X atau iOS. Untuk saat ini memang jumlah peretas pada sistem operasi Apple terbilang sedikit dibandingkan dengan pesaing utamanya, Windows dan Android.

“Namun, jumlah ancaman yang berkaitan dengan Apple tumbuh dengan stabil dalam beberapa tahun terakhir. Tingkat infeksi malware juga telah melonjak, terutama dalam 18 bulan terakhir,” katanya melalui siaran pers yang diterima JawaPos.com (Fajar.co.id Group), Sabtu (12/12).

Menurutnya, penjahat siber ini sangat terampil. Mereka memiliki sumber daya yang memadai, serta mempunyai kegigihan dan kesabaran dalam melancarkan serangan dengan tingkat keberhasilan tinggi kepada konsumen, perusahaan, meupun pemerintahan di seluruh dunia.

“Upaya-upaya tersebut telah mengubah kejahatan siber menjadi bisnis besar dengan pencurian informasi pribadi dalam skala yang sangat besar,” terangnya.

Kerentanan pada software Apple dengan sejumlah celah profil tinggi juga telah ditemukan tahun lalu. “Broker zero-day telah mulai menawarkan uang tebusan untuk kerentanan-kerentanan Apple, dengan nilai USD 1 juta yang baru-baru ini dibayarkan untuk jailbreak iOS 9.1,” ungkapnya.

Dia memprediksi, tren sistem keamanan Apple akan terus berlanjut di tahun 2016. Pengguna Apple diimbau agar jangan merasa puas dengan keamanan perangkatnya dan harus mengubah persepsi bahwa perangkat Apple bebas dari malware.

“Persepsi ini justru semakin membuka peluang bagi penjahat siber untuk mengambil keuntungan dari mereka. Para pengguna perangkat Apple perlu mengambil tindakan untuk mencegah perangkat mereka disusupi,” pungkasnya. (fab/jpg)

loading...
Click to comment
To Top