Mantan Staf Khusus SBY Sebut JK dan Sudirman Said Keliru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Mantan Staf Khusus SBY Sebut JK dan Sudirman Said Keliru

FAJAR.CO.ID, CIANJUR – Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri ESDM Sudirman Said keliru menyatakan Indonesia tidak punya kemampuan mengelola tambang emas dan tembaga di Papua yang sejak 1967 dikuasai Freeport McMoran. Demikian disampaikan mantan Staf Khusus Presiden di era Susilo Bambang Yudhoyono, Andi Arief, dalam perbincangan dengan redaksi, Sabtu pagi (12/12).

“JK dan Menteri ESDM keliru kalau menganggap bangsa kita tidak bisa lakukan,” kata dia. “Sekarang kita punya banyak ahli yang menurut saya sudah bisa berbuat banyak, bahkan sekarang ada organisasi profesi yang menaungi. Juga penguasaan teknologinya tidak kalah,” jelas Andi Arief yang juga dikenal sebagai inisiator Tim Terpadu Riset Mandiri di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat.

Menurut dia, untuk mengetahui tidak sulit untuk apakah Freeport menyembunyikan banyak informasi yang merugikan Indonesia dalam kontrak karya.

Keinginan kuat Freeport memperpanjang kontrak karya dengan mendivestasi saham memperlihatkan bahwa perusahaan tambang yang dikenal bereputasi buruk itu sudah menghitung semua keuntungan besar yang akan mereka dapatkan.

“Di saat yang sama mereka menyadari bahwa mereka hanya buih di tengah laut,” masih kata Andi Arief. “Kita punya ahli banyak dan saatnya mereka mengubah keadaan,” demikian Andi Arief. (dem/rmol)

Click to comment
To Top