Penelitian Medis: Penderita Kanker Payurada Berisiko Terserang Diabetes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Penelitian Medis: Penderita Kanker Payurada Berisiko Terserang Diabetes

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sebuah studi di Kanada telah menemukan peningkatan risiko diabetes di antara penderita kanker payudara di atas 55 tahun dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menderita kanker payudara.

Dilansir dari CTV News, Jumat (11/12/2015), risiko terserang diabetes pada pasien kanker payudara telah ditemukan saat mereka melakukan kemoterapi.

BACA JUGA: Anda Perlu Ketahui Pengaruh Diabetes dengan Penglihatan

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Institute for Clinical Sciences evaluatif dan Perempuan Perguruan Tinggi di Research Institute di Toronto, mendukung dan menambah penelitian sebelumnya yang mengaitkan diabetes dan kanker payudara.

Hal ini menunjukkan penderita diabetes pada pasien kanker payudara Ontario yang berusia mulai 55 tahun keatas lebih tinggi, dan dibandingkan temuan perempuan pada usia yang sama yang tidak pernah didiagnosis dengan kanker payudara.

BACA JUGA: Banyak yang Belum Tahu Ternyata Terapi Telinga Berbahaya

Temuan mengungkapkan bahwa pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi akan memiliki risiko 24 persen lebih tinggi terserang diabetes dibandingkan dengan mereka yang pernah didiagnosis bebas dari kanker payudara.

Para peneliti mengklaim bahwa peningkatan risiko diabetes di antara penderita kanker payudara bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk efek kemoterapi atau penekanan hormon pada tubuh perempuan, serta gaya hidup dan berat badan lebih menetap terkait dengan kanker payudara dan kemoterapi.

“Kemoterapi dapat membawa risiko diabetes pada wanita yang rentan untuk penyakit ini,” kata Lorraine utama Dr. Lipscombe, penulis studi.

“Peningkatan berat badan mungkin menjadi faktor dalam peningkatan risiko diabetes pada wanita yang menerima pengobatan. Estrogen penindasan sebagai akibat dari kemoterapi juga dapat meningkatkan diabetes,” sambungnya. (zul/pj1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top