Empat Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Kondom – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Empat Hal yang Perlu Anda Ketahui Soal Kondom

FAJAR.CO.ID, LONDON – Banyak orang yang hanya tahu bahwa kondom adalah alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit seksual. Namun, tak banyak yang tahu jenis kondom yang pas dengan diri sendiri.

Padahal, menggunakan kondom yang pas bisa menambah kenikmatan bercinta. Alhasil, banyak orang yang terkesan sekenanya mengenakan kondom.

“Kondom terbaik di pasar adalah salah satu yang Anda gunakan,” kata Associate Professor Klinis Obstetri dan Ginekologi di Northwestern University Lauren Streicher seperti dilansir laman Health, Kamis (10/12).

Berikut ini beberapa jenis kondom yang harus Anda ketahui.

1. Lateks
Ini adalah kondom yang paling umum. Tetapi jika merasakan gatal, kemerahan, atau ruam setelah menggunakan kondom ini, Anda sebaiknya ke dokter untuk mengetahui adanya alergi.

2. Non lateks
Jika Anda memiliki alergi lateks, ada banyak alternatif pilihan kondom. Namun, kondom jenis ini dianggap tak sehebat lateks untuk menangkal penyakit seksual.

3. Kulit domba
Ini mungkin yang paling kontroversial. Kondom jenis ini dianggap tidak akan melindungi terhadap PMS dan tak efektif mencegah kehamilan. Itu karena pori-pori alami di kulit domba cukup besar untuk membiarkan beberapa virus (seperti HIV dan herpes) lolos.

4. Kondom perempuan
Tingkat kegagalan kondom perempuan adalah 21 persen. Tapi, bila digunakan dengan benar, kondom jenis ini memiliki keberhasilan hingga 95 persen dalam mencegah kehamilan dan penyakit menular seksual. (fny/jos/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top