‘MEA Tiga Minggu Lagi, tidak Usah Takut’ – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

‘MEA Tiga Minggu Lagi, tidak Usah Takut’

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Skema pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) atau Asean Economic Community akan mulai efektif tiga minggu lagi. Tepatnya mulai 31 Desember 2015.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui, jelang berlakunya MEA, banyak pihak terutama pelaku usaha yang masih dibayangi kekhawatiran. Apakah Indonesia akan mampu bersaing dengan negara-negara Asean lainnya.

“Tinggal tiga minggu lagi, saya sampaikan kepada semua, tidak usah takut,” ujarnya dalam Konggres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) di Jakarta, Sabtu (12/12).

Jokowi menceritakan, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean di Malaysia November lalu, para presiden maupun perdana menteri negara Asean lainnya justru mengaku takut dengan Indonesia saat berlakunya MEA. “Mereka saja takut sama kita, masak kita ikutan takut,” kata Jokowi.

Meski demikian, pemerintah juga tidak menyepelekan MEA. Karena itu, daya saing pun terus ditingkatkan. Hal itu terlihat dari gencarnya pembangunan infrastruktur yang selama ini menjadi titik lemah perekonomian Indonesia.

Selain itu berbagai regulasi yang menghambat dunia bisnis juga disederhanakan atau bahkan dihapus. “Intinya, ekonomi harus efisien agar daya saing meningkat,” ucapnya.

Mantan wali kota Solo dan gubernur DKI Jakarta yang berlatar belakang eksporter mebel itu menyatakan, visi ekonomi Indonesia ke depan adalah meningkatkan daya saing. Sehingga aksi proteksionisme akan dikesampingkan.

“Proteksi itu memanjakan, membuat daya saing rendah. Orang Indonesia kalau sudah dipepet, langsung semangat,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, MEA yang efektif mulai 31 Desember 2015 nanti bakal melibatkan 10 negara Asean. Yakni Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Total pasar dari 10 negara ini diperkirakan mencapai 625 juta penduduk. (owi/JPG)

loading...
Click to comment
To Top