Pentingnya Deteksi Dini Mata Anak Anda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Pentingnya Deteksi Dini Mata Anak Anda

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Kesehatan anak menjadi hal yang utama harus diperhatikan orang tua. Salah satunya kesehatan pada mata pada anak. Mengetahui sejak dini tanda-tanda kelainan mata pada anak oleh orangtua sangat penting agar orangtua segera mengambil langkah yang tepat dalam penanganannya.

Deteksi dini pada mata anak sangat penting untuk mengetahui kondisi mata anak apakah mengalami gangguan penglihatan atau tidak. Ini penting untuk mencegah jangan sampai mata anak mengalami gangguan penglihatan dan sudah mencapai tahap yang sulit diobati.
Nah menurut Dokter spesialis mata Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, dr A Muhammad Ikhsan PhD SpM ada beberapa tanda-tanda yang menjadi indikasi untuk mengetahui bahwa anak tersebut mengalami masalah dalam penglihatannya:

  1. Leucocoria atau mata kucing adalah reflek kekuningan pada pupil yang tampak kentara ketika mata disinari dengan senter. Pada malam hari, akan terlihat pembuluh darah di atas massa yang berwarna kuning. Meski mudah dideteksi, mata kucing menandakan stadium yang telah lanjut.
  2.  Mata terlihat ada warna putih pada lingkaran pada bila terkena cahaya bisa menandakan anak Anda menderita Retinablastoma. Tanda lainnya mata tidak bisa bergerak dan fokus pada arah yang sama, pupil terus melebar serta mata merah dan bengkak.
  3.  Pada dasarnya anak-anak akan selalu menyikuti pergerakan benda yang berwarna terang atau cahaya yang dilihatnya. Apa bila hal tersebut tidak dilikukan oleh si anak ini menandakan bahwa anak tersebut ada masalah pada sensor cahaya pada matanya.
  4. Anak yang selalu mengucek matanya hingga berkali-kali dalam waktu yang berdekatan. Hal ini juga bisa menjadi indikasi mata anak tersebut ada sesuatu yang menghalangi penglihatan pada mata si anak.
loading...
Click to comment
To Top