Riza Chalid akan Dipanggil Paksa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Riza Chalid akan Dipanggil Paksa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) menjadwalkan persidangan terhadap pengusaha minyak M Riza Chalid besok pagi, Senin (14/12) pada jam 10.00 WIB. Namun, hingga saat ini, belum ada konfirmasi kehadiran pengusaha Taipan yang terlibat kasus papa minta saham PT Freeport Indonesia itu.

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang mengatakan, pihaknya telah berkirim surat ke seluruh alamat Riza. “Sampai kemarin saya cek ke sekretariat belum (ada konfirmasi). Baru Luhut (Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan),” ujarnya saat dihubungi, Minggu (13/12).

Ini adalah pemanggilan kedua bagi Riza. MKD memang belum menentukan sikapnya terhadap Riza‎ jika mangkir lagi. Sebab, MKD hanya bisa melakukan pemanggilan resmi melalui surat. Sedangkan untuk melakukan pelacakan adalah pihak kepolisian. “Kita bukan penyidik, kita bukan polisi. Kita panggil resmi saja melalui alamatnya,” sebut Junimart.

Namun, jika memang tak kunjung hadi‎r, politikus PDIP itu akan menyarankan dalam rapat internal untuk melakukan panggilan paksa terhadap Riza dibantu pihak kepolisian.

“Saya sarankan dalam rapat internal dipanggil paksa saja. Tergantung rapatnya. Kan tau sendiri kalau rapat itu alot terus. Nanti divoting lagi,” tuturnya.

Sementara Junimart menuturkan bahwa kehadiran Riza sangatlah penting. Sebab, dia yang paling tahu pasti pertemuan dan pembicaraan yang dilakukan bersama Ketua DPR Setya Novanto dan Bos PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin. Apalagi, Riza paling dominan berbicara dalam rekaman yang diserahkan Menteri ESDM Sudirman Said ke MKD.

Untuk saksi lainnya, kata Junimart tergantung hasil rapat di MKD. “Nanti kita lihat saja di hasil rapat internal besok,” tandasnya.(dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top