Tak Banyak yang Datang Mencoblos, KPPS Datangi Rumah Wajib Pilih – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Tak Banyak yang Datang Mencoblos, KPPS Datangi Rumah Wajib Pilih

FAJAR.CO.ID, BATAM – Karena ulah empat orang warganya, pencoblosan Pilkada terpaksa harus diulang. Panitia KPPS mendatangi warganya agar menggunakan hak pilihnya. Dengan membawa logistik pemilu, KPPS beserta dengan anggotanya mengetuk satu persatu pintu rumah warga di TPS 2, Tibanlama, Sekupang Batam, Sabtu (12/12).

Kedatangan KPPS ini, juga dikawal ketat oleh pihak kepolisian. Terlihat ada petugas KPPS yang membawa surat suara, ada yang bawa tinta, lalu juga logistik pemilu lainnya.

Panitia terpaksa harus datang langsung ke rumah, karena tak banyak warga yang mau mendatangi lagi TPS. Dari 292 pemilih yang ada di daerah itu, hanya segelintir warga yang mendatangi TPS.

“PSU ini kami laksanakan ulang karena ada empat orang yang mencoblos tapi dengan menggunakan hak orang lain,” kata Bawaslu Kepri, Razaki Persada, Sabtu (12/12) di Tibanlama.

Menurut Razaki pemilihan ulang juga dilaksanakan di TPS 19 Kibing, Batuaji. Dari pantauan Batam Pos (Jawa Pos Group), beberapa petugas KPPS bersama dengan polisi mendatangi rumah satu per satu.

Warga diberikan hak istimewa, dimana memilih di dalam rumah mereka. Tak ada bilik suara, tak ada tata cara yang biasanya saat melakukan pemilihan di TPS. Salah satu warga yang diketahui bernama Ratna, kaget melihat adanya petugas yang mendatangi rumahnya. Ia tak menyangka, petugas menyambangi rumahnya. Agar dirinya bisa dapat memilih.

Ratna diberikan dua kertas suara, dan ia diminta untuk mencoblos di dalam rumahnya. Sementara itu petugas menunggu di luar rumah. Ratna melakukan pencoblosan di ruang tamunya.

Pemilu yang katanya rahasia, tak terlihat saat PSU ini. Bisa terlihat sekilas, Ratna mencoblos pasangan calon yang nomor berapa. Saat diserahkannya surat suara kembali, Ratna disodorkan tinta. Untuk menandakan warga tersebut sudah melaksanakan pemilihan suara ulang.(bp/afz/jpg)

To Top