Jelang Vonis, Rio Capella Pasrah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Jelang Vonis, Rio Capella Pasrah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta bakal segera menjatuhkan vonis terhadap bekas Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella. Rencananya, pembacaan vonis atas terdakwa suap dari Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho itu akan digelar Senin, 21 Desember mendatang.

“Sesuai dengan kesepakatan yang disepakati, dengan pertimbangan putusan dipercepat Senin 21 Desember 2015 pukul 14.00 WIB,” kata Ketua Majelis Hakim Artha Theresia Silalahi saat membacakan penetapan jadwal sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (14/12). ‎

Sementara Patrice mengaku pasrah dengan hukuman yang akan dijatuhkan oleh majelis hakim. Meski demikian, dia tetap merasa hanya menjadi korban dalam kasus itu. Pasalnya, ia tak pernah minta uang Rp 200 juta yang diterimanya dari Gatot. “Saya tidak bisa mengatakan optimistis atau tidak, tapi dari enam-tujuh sidang memperlihatkan saya adalah korban,” katanya saat ditemui usai sidang.

Anggota Komisi III DPR itu menegaskan tidak pernah mencampuri Kejaksaan Agung yang mengusut kasus korupsi dana bansos di Pemprov Sumut yang menjerat Gatot. Selain itu, Patrice juga sudah mengembalikan uang Rp 200 juta dari Gatot. ‎”Dikembalikan lagi (duitnya). Yang ditangkap tangan uang sudah tidak di tangan saya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, jaksa penuntut umum (JPU) KPK meminta majelis hakim menjatuhkan penjara selama dua tahun dan denda sebesar Rp 50 juta subsider satu bulan kurungan kepada Patrice. Jaksa meyakini Patrice selaku anggota DPR terbukti secara sah dan meyakinkan menerima hadiah dari Gatot dan istrinya Evy Susanti sebesar Rp 200 juta melalui Fransisca Insani Rahesti. Karenanya, JPU  menyebut Patrice telah terbukti melanggar pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Tipikor. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top