Kalau Dipreteli, Sudirman, Maroef dan Riza Chalid Semua Bersalah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Kalau Dipreteli, Sudirman, Maroef dan Riza Chalid Semua Bersalah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kasus dugaan pelanggaran etika yang dilakukan oleh Ketua DPR RI Setya Novanto hanya merupakan sebagian kecil dari banyaknya kasus serupa yang terjadi di tanah air.

“Kasus MKD dan Setya Novanto, itu hanya satu dari banyak wajah kita,” kata Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) terpilih, Jimly Asshiddiqie, usai Muktamar ICMI di Hotel Lombok Raya, Mataram, Nusa Tenggara Barat (Minggu, 13/12).

Karena itu, lanjutnya, semua elemen bangsa termasuk masyarakat jangan hanya terfokus perhatiannya pada kasus tersebut. Kasus seperti itu terjadi karena para pejabat masih belum bisa membedakan antara kepentingan pribadi dengan kekuasaanya dalam pemerintahan.

“Kalau dipreteli satu-satu semuanya keliru, semuanya salah, misalnya Menteri ESDM-nya, kemudian Presdir Freeportnya, dan pengusaha Riza Chalid dan para pejabat yang menilai ini,” katanya.

“Semua kalau dipretelin satu-satu, unsur penyebabnya itu sama. Yaitu budaya yang tidak mampu membedakan urusan pribadi dengan urusan institusi jabatan publik, ada konflik kepentingan,” lanjut Jimly yang juga merupakan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ini. (ysa/rmol)

loading...
Click to comment
To Top