PARAH!!! Angka Golput di Daerah Ini Jadi “Pemenang” – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

PARAH!!! Angka Golput di Daerah Ini Jadi “Pemenang”

FAJAR.CO.ID, SAMARINDA – Partisipasi pemilih di Samarinda tercatat paling rendah di antara sembilan kabupaten/kota yang menggelar pilkada pada 9 Desember 2015. Data yang dihimpun dari rekapitulasi form C-1 di laman resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sabtu (12/12), mencatat partisipasi pemilih pilkada di Kota Tepian hanya 49,76 persen dari total pemilih 379.893 jiwa.

Angka tersebut lebih kecil dari Pilkada Kutai Timur (Kutim) dengan partisipasi pemilih 50,13 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) 152.372 jiwa. Sementara itu, tingkat partisipasi pemilih tertinggi tercatat di Kabupaten Mahakam Ulu yang mencapai 76,51 persen.

Daerah otonomi baru hasil pemekaran Kabupaten Kutai Barat (Kubar) itu memiliki DPT sebanyak 18.903 jiwa. Adapun partisipasi pemilih di enam kabupaten/kota lainnya, masing-masing Balikpapan 60,11 persen, Bontang (65,18 persen), Kubar (67,75 persen), Kutai Kartanegara (58,89 persen), Berau (63,57 persen), dan Paser (67,60 persen).

Sejak Jumat (11/12) hingga 16 Desember mendatang, KPU di sembilan kabupaten/kota tersebut melakukan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan. Kemudian, dilanjutkan rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota sehari berikutnya untuk penetapan hasil akhir pilkada.

[Hmmm… KPK Kok Belum Panggil Jaksa Agung dan Surya Paloh?]

[baca juga: Pengadilan Pemilu Cukup Dua, Sengketa Hasil di MK dan Sengketa Proses di Pengadilan Khusus]

[baca juga: Soal Sidang MKD, Bamsoet: Jaka Sembung Bawa Golok, Ngga Nyambung Jeblok…]

Ketua KPU Samarinda Ramaon Dearnov Saragih mengakui tingginya angka golongan putih atau golput (pemilih yang tidak mencoblos) pada pilkada serentak ini.

“Rendahnya partisipasi pemilih atau tingginya angka golput tidak hanya terjadi di Samarinda, tapi juga beberapa daerah lain. Sebagai penyelenggara, KPU Samarinda telah bekerja keras melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” kata Ramaon. (kri/jos/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top