Strategi Abu Hasan Menangi Pilkada Butur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Strategi Abu Hasan Menangi Pilkada Butur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sudah hampir 100 persen bisa dipastikan siapa yang menjadi pemenang dalam pertarungan politik di Pilkada Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra). Pasangan Abu Hasan – Ramadio unggul tipis atas pasangan Ridwan Zakaria – La Djiru yang merupakan calon incumbent serta didukung partai ‘penguasa’ di Sultra, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dengan selisih 1,97 persen.

Untuk memenangkan pertarungan tersebut, Abu Hasan mengaku sejak awal sudah mempersiapkan diri dengan mempersiapkan konsep dan strategi untuk berkompetisi secara sehat. Dalam perkembangannya, konsep yang diusung dapat diterima dan sejalan dengan aspirasi dan tuntutan masyarkat Buton Utara selama ini.

“Misalnya konsep untuk melakukan perubahan, baik perubahan paradigma pengelolaan pemerintahan, pembangungan maupun pengelolaan dalam kehidupan bermasyarakat. Respon itu makin menguat saat mendekati pelaksanaan Pilkada,” papar Abu Hasan yang ditemui awak Fajar.co.id di Jakarta akhir pekan kemarin.

Dari sambutan positif itulah Abu Hasan yang diusung partai PDIP, Demokrat dan PKB saat kampanye akbar sudah memiliki perhitungan tersendiri dan optimis bisa memenangkan pertarungan melawan incumben yang diusung partai PAN, Gerindra, Hanura, PKS dan PKPI. “Bahkan prediksi saya perolehan suara saya bisa saja lebih dari apa yang saya peroleh pasca pencoblosan tanggal 9 kemarin jika saja tidak ada campur tangan dari pihak luar,” jelasnya.

[baca juga: Abu Hasan Siap Hadapi Gugatan di MK]

[baca juga: Abu Hasan: Lawan Incumben, Saya Dikeroyok Tiga Kepala Daerah]

[baca juga: Ini Hasil Pleno PPK di Pilkada Lima Kabupaten di Sultra]

Meski demikian, Abu Hasan menilai apa yang dilakukan oleh tiga kepala daerah tetangga yang turut campur dalam Pilkada Butur merupakan suatu tantangan untuk menuju kemenangan. “Kesimpulannya hanya 1 adanya campur tangan yang sangat keras dari pihak luar. Tapi saya tidak akan dendam, karena saya sudah prediksi akan menang. Tapi jujur untuk capur tangan kepala daerah lain saya tidak terlalu hitung sbelumnya. Karena pikiran saya hanya berhadapan dengan incumben, tapi ternyata saya berhadapan dengan tiga kepala daerah diluar Butur,” tegasnya.

Mengingat proses saat ini tengah berlangsung, Abu Hasan menghimbau kepada semua pihak, utamanya pasangan calon lain agar bisa mengendalikan diri serta menghimbau kepada para pendukung untuk tetap tenang dan jangan terpancing oleh provokasi-provokasi yang dapat menimbulkan gesekan.

“Pilkada sudah selesai dan apapun hasilnya dari awal kita sudah bersepakat untuk siap kalah dan siap menang. Kepada pihak yang merasa belum puas tentu ada mekanisme hukum yang bisa dimanfaatkan. Dan khususnya kepada pendukung saya, saya sudah pastikan untuk tidak ber-euforia secara berlebihan. Bahkan, sejak malam usai pencoblosan pendukung saya tidak melakukan pawai, karena saya larang untuk melakukan itu,”tandasnya. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top