Di Selayar, Rp 100 Juta untuk Sepuluh Desa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Di Selayar, Rp 100 Juta untuk Sepuluh Desa

FAJAR.CO.ID, SELAYAR – Sebanyak sepuluh desa di Kabupaten Kepulauan Selayar menerima bantuan pengembangan usaha mina pedesaan masing-masing Rp100 juta dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Bantuan ini diserahkan bertepatan pada Hari Nusantara Tahun 2015.

Selain itu juga diserahkan sertifikat tanah nelayan untuk Desa Tanamalala, Kecamatan Pasimasunggu sebanyak 39 orang atau 39 porsil, Desa Masungke Kecamatan Pasimasunggu sebanyak 61 orang atau 61 porsil.

“Masyarakat pesisir kesejahteraannya harus ditingkatkan. Mereka diberikan kebebasan untuk menangkap ikan, tentunya dengan cara lestari. Segala aktivitas pengrusakan dan eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan wajib dibatasi, karena laut menjadi tempat yang rawan terjadinya kejahatan nasional,” katanya, Selasa 15 Desember.

Dikatakan penegakan hukum dan perundang-undangan yang harmonis serta kerjasama antara Kementerian, lembaga dibutuhkan dalam pembuatan dan pelaksanaan kegiatan pemerintah. Ia menyebut segala bentuk sumber daya alam haruslah digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat.

Peringatan Hari Nusantara, kata Dandim 1415 Kepulauan Selayar, bertujuan untuk mengingatkan kembali serta mengubah mendset bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dan ruang jual yang berimbang antara matra darat dan matra laut.

Hal tersebut sejalan dengan visi Presiden RI Joko Widodo mengenai poros maritim dunia yang diharapkan akan diwujudkan dalam bentuk Indonesia sebagai kekuatan maritim yang bersatu, sejahtera dan berwibawa. (FAJARONLINE.COM/mustaqim)

Click to comment
To Top