Dinas Kelautan Dongkrak Produksi Hasil Laut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Dinas Kelautan Dongkrak Produksi Hasil Laut

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Data produksi hasil laut Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Peternakan (KPPP) Kota Makassar 2015 mencapai 12.480 ton. Angka itu ingin didongkrak tahun depan.

Kabid Perikanan Dinas KPPP, Zanty Susilawati mengaku angka itu didukung dari empat Pelelangan Ikan yang ada di Kota Makassar yakni, PPI Paotere, TPI Rajawali, TPI Daya, dan TPI Barombong.

“Jenis ikan yang diproduksi, di antaranya kakap, kerapu, bandeng, layang, kembung, udang, cumi, dan semua jenis ikan pelagis lainnya,” kata Zanty, Senin 14 Desember.

Hasil laut yang diekspor, lanjut dia, seperti udang, rumput laut, dan ikan pelagis seperti kerapu dan kakap. “Untuk nilai ekspor bukan kewenangan KPPP tapi provinsi,” imbuhnya.

Kepala Dinas KPPP, Rahman Bando siap memacu produksi hasil laut Kota Makassar tahun depan. Beberapa program pengembangan dan peningkatan produksi perikanan sudah diusulkan pada rancangan kerja anggaran 2016 senilai Rp5 miliar.

“Anggaran tersebut, di dalamnya ada DAK (Dana Alokasi Khusus) senilai Rp2,3 miliar sisanya dari APBD pokok. Semua itu diperuntukkan untuk memacu seluruh sektor produksi,” katanya.

Program tersebut seperti temu teknis penggunaan alat tangkap, pembinaan dan peningkatan kapasitas kelembagaan, pelatihan inovasi hasil ikan konsumen, expo perikanan, pembinaan akses pemodalan bagi pengelola dan pemasar ikan, pemeliharaan TPI Rajawali, dan masih banyak lagi.

“Intinya, 2016 yang merupakan tahun ekonomi. Kita ingin melakukan penguatan keahlian, sarana dan prasarana para nelayan kami,” bebernya. (fadhly ali/zainuddin saleha/FAJARONLINE)


loading...
Click to comment
To Top