Mahasiswa STAI DDI Pentaskan Pembantaian Westerling – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Mahasiswa STAI DDI Pentaskan Pembantaian Westerling

FAJAR.CO.ID, MAROS – Kodim 1422 memperingati Hari Juang Kartika ke-70 tahun, hari ini Selasa 15 Desember. Bekerja sama dengan mahasiswa STAI DDI Maros, mereka mementaskan drama ‘Pembantaian Westerling’ di lapangan Palantikang.

Sutradara Husni Siame menjelaskan drama itu adalah salah satu rangkaian acara dalam peringatan tersebut. Mereka mengangkat peristiwa berdarah yang memakan korban 40 ribu jiwa se-Sulsel, termasuk di Maros.

“Peristiwa itu dikenal dengan Pembantaian Westerling yang merupakan sebutan untuk peristiwa pembunuhan puluhan ribu rakyat sipil oleh pasukan Belanda Depot Speciale Troepen pimpinan Raymond Pierre Paul Westerling,” bebernya, Selasa 15 Desember.

Pentas drama berdurasi sekira 10 menit itu, melibatkan 50 orang seniman dan mahasiswa dari Sanggar Teater STAI DDI Maros. Seniman dan mahasiswa diharapkan bisa mengenang kisah heroik perjuangan warga Maros menghadapi Westerling.

“Itu merupakan bukti perjuangan rakyat Sulsel yang telah berkorban jiwa dan raga demi mengusir kolonialisme di bumi pertiwi ini. Apa yang dilakukan para pejuang itu selayaknya dikenang dan diapresiasi,” kata salah seorang mahasiswa, Edi. (m haris syah/zainuddin saleha/FAJARONLINE)


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top