Penggunaan Anggaran Harus Metode Akrual Basis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Penggunaan Anggaran Harus Metode Akrual Basis

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Metode akuntansi berbasis akrual akan dimulai pada penggunaan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2016.

Diketahui basis akrual merupakan suatu basis akuntansi transaksi ekonomi atau peristiwa akuntansi diakui, dicatat, dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut, tanpa memperhatikan waktu kas diterima atau dibayarkan.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba, Andi Hamzah Pangky mengungkapkan, pengelolaan keuangan dari yang sebelumnya menggunakan sistem akuntansi berbasis kas menuju akrual (cash toward accrual basis) menjadi menggunakan sistem akuntansi berbasis akrual (accrual basis).

Secara nasional telah mulai dilaksanakan 2015. Ini dikarenakan pula untuk menghindari kesalahan dalam pengelolaan keuangan yang berakibat menjadi temuan badan pemeriksaan Keuagan (BPK). “Lebih kepada sistem bagaimana penggunaan angggaran yang terukur dan terencana dan sistematis,” ujar a Hamzah Pangky, Senin 14 Desember.

Selain itu, lanjut Hamzah, metode akrual basis ini juga bakal melakukan pembatasan pengeluaran anggaran yang tidak seharusnya di lingkup satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Misalnya, para pegawai negeri sipil (PNS) mendapatkan honor kegiatan yang dialokasikan dalam APBD pokok 2016.

Padahal, kegiatan atau kerjaan tersebut yang dilaksanakan pegawai itu sudah menjadi Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi) tanpa digaji. “Misalnya, di bagian penata usahaan di setiap SKPD, dimana memiliki tufoksi mengenai adminstrasi yang memiliki jam kerja pagi sampai sore. Jangan sengaja pada saat siang santai, kemudian kerja malam bekerja karena menggunakan anggaran lembur itu. Persoalan ini yang dihentikan,” tegas Hamzah. (mustaqim musma/zainuddin saleha/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top