Revisi UU Pilkada Masuk Prolegnas 2016, Ini Pasal yang Berubah… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Revisi UU Pilkada Masuk Prolegnas 2016, Ini Pasal yang Berubah…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) Soni Sumarsono menyatakan, revisi undang-undang (UU) Pilkada pada 2016 telah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2016.

“Iya, sudah masuk Prolegnas. Usul inisiatif pemerintah. Tadi sudah ketemu Menkumham. Saya dipanggil untuk persiapan pembahasan internal pemerintah. Kita siapkan revisinya,” kata dia di Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (14/12).

Sumarsono menerangkan, poin-poin yang dibahas dalam revisi antara lain, permasalahan pasangan calon (paslon) tunggal dalam pilkada. Aturan paslon tunggal nantinya diatur lebih rinci termasuk antisipasinya.

Selanjutnya, ‎sengketa 45 hari ditambah dan badan khusus. “Pokoknya semua yang dianggap kendala menghambat pilkada saat ini akan direvisi. Itu yang akan kita perbaiki.” ucap Plh Gubernur Sulut itu.

Selain itu, sambung Sumarsono, untuk pihak pengawas pilkada yakni Bawaslu dan Panwaslu akan diperkuat.

“Dalam UU tak tegas. Misal kewenangan Banwaslu untuk memberikan sanksi ke PNS tidak tegas dan langsung. Harus diserahkan kepada kepolisian dan kepala daerah. Jadi perlu dipertajam kewenangnnya, jika salah Banwaslu bisa langsung vonis. Kedepannya tegas dan terukur dengan waktu,” beber dia.

‎‎‎Terlebih persoalan anggaran pilkada yang bersumber dari full APBN. Dimana, Pilkada serentak tahap pertama ini menggunakan APBD cukup memberatkan daerah-daerah. “Kalau APBD terlalu berat. Kan cuma Rp 1,7 Triliun, gak banyak untuk proses demokrasi. Tapi itu baru usulan,” tandas Sumarsono. (hyt/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top