Risma-Whisnu Menang 6 Kali Lipat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Risma-Whisnu Menang 6 Kali Lipat

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Rekap penghitungan suara pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya di seluruh kecamatan akhirnya selesai. Kemarin (14/12), seluruh hasil penghitungan itu diserahkan ke KPU Surabaya. Seperti diduga sebelumnya, pasangan Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana menang telak atas lawannya, pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari.

Berdasar data KPU Surabaya, perolehan suara Risma-Whisnu rata-rata enam kali lipat ketimbang perolehan suara Rasiyo-Lucy. Totalnya 887.142 suara vs 141.783 suara.

Yang terbesar lebih dari delapan kali lipat. Yakni, di Gunung Anyar, Tenggilis Mejoyo, dan Wiyung.

Di Kecamatan Gunung Anyar, warga yang mencoblos Risma-Whisnu mencapai 18.248 orang. Yang memilih Rasiyo-Lucy hanya 2.190 jiwa.

Perolehan suara Risma-Whisnu juga hampir tiga kali lipat dari pemilih partai pengusung. Yakni, PDI Perjuangan. Pada pemilu legislatif tahun lalu, ada 346.320 warga Surabaya yang memilih anggota dewan dari PDIP. Sementara itu, pada pilwali kali ini, Risma-Whisnu dipilih 887.142 warga.

Kondisi itu berbeda jauh dengan partai pengusung Rasiyo-Lucy. Pada pileg kemarin, Demokrat dan PAN mendapat 213.810 suara. “Yang nyoblos paslon 2 ternyata cuma 100.000an. Realisasinya jauh sekali dari harapan kami,” ujar Ketua DPD PAN Surabaya Surat kemarin. (nir/c6/fat/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top