War Room Makassar Kalahkan Surabaya-Bandung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

War Room Makassar Kalahkan Surabaya-Bandung

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – War Room atau ruang kontrol yang dimiliki kota Makassar disebut-sebut mengalahkan milik Surabaya dan Bandung.

Hal ini terlihat saat beberapa pengusaha dan legislator Makassar berkunjung langsung ke tempat yang berada di lantai 10 Balaikota Makassar, Senin 14 Desember‎

Wali kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto mengatakan inilah rencana pemerintahannya yang akan segera terealisasi awal 2016.

“Jadi kalau orang bilang sia-sia kita belajar ke Hongkong, ke Prancis maka inilah jawabannya,” ucap Danny sembari menunjukkan big screen tempat memonitor 68 titik kamera CCTV yang telah terpasang.

[NEXT-FAJAR]

Jika di Bandingkan Bandung dan Surabaya, Danny mengatakan beberapa keunggulan yang dimiliki war room Makassar yakni, jauh lebih murah, lebih besar, lebih canggih, lebih aman dan punya big data.

Sementara bandung hanya merupakan kamera pemantau saja. Meski di-zoom berkali-kali pixelnya pun kelihatan masih sangat tinggi sehingga untuk mendeteksi nomor plat kendaraan yang terparkir atau sedang berlalu lalang bisa tampak begitu jelas.

Untuk langkah selanjutnya, Danny juga akan menambah sejumlah kamera di beberapa titik seperti pasar, kantor lurah, dan kantor camat.

Di antaranya terdapat kamera inframerah yang mampu mendeteksi logam, atau senjata seperti busur dan bandik serta senjata api sehingga pelaku begal bisa segera dilumpuhkan sebelum melakukan aksi kejahatannya. Dengan kekuatan big data yang dimiliki maka pelaku kejahatan atau pelanggaran lainnya bisa segera diketahui identitasnya.

[NEXT-FAJAR]

Misalnya mobil yang terdeteksi melanggar lalu lintas akan otomatis di-capture nomor pelatnya CCTV dan identitas pemilik dan alamat rumahnya akan segera terlacak.

Adapun sumber tenaga kelistrikan yang dipergunakan yakni solar shell (tenaga surya), baterai, dan genset. Sedangkan penyimpanan (recording) yang dimiliki akan bisa menampung data hingga 5 tahun lamanya.

Legislator partai Nasdem Mario David mengatakan apa yang dilakukan pak wali sungguh luar biasa. Dirinya mengaku kaget dan tidak menyangka bahwa Makassar juga memiliki ruang kontrol secanggih itu.

“Ini luar biasa pak Wali. Saya juga baru tahu kalau sudah ada di sini. Perlu kita support dengan kamera yang lebih banyak lagi ini,” pungkasnya.

Hal senada juga disampaikan pengusaha ternama Wilyanto Tanta. Seperti Mario, Willy pun merasa takjub dengan gebrakan wali kota Danny menciptakan pemantau keamanan di Makassar. “Seperti mi Singapur ini,” ucapnya terus mengagumi. (nurlina arsyad/zainuddin saleha/FAJARONLINE)


loading...
Click to comment
To Top