DPRD Maros: Perbanyak Ruangan Khusus Merokok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

DPRD Maros: Perbanyak Ruangan Khusus Merokok

FAJAR.CO.ID, MAROS — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Maros bakal menindak tegas pelanggar Perda Kawasan Tanpa Rokok, mulai Januari mendatang. Perokok di tempat umum terancam dihukum ancaman kurungan selama dua bulan dan denda hingga Rp1 juta.

Ketua Komisi II DPRD Maros Akbar Endra setuju jika perda itu ditegakkan dengan tegas. Namun dia mengingatkan, jika perda itu ingin efektif, pemkab mesti memperbanyak ruangan khusus merokok di tempat-tempat itu. Kantor DPRD Maros sendiri belum memiliki ruang merokok.

“Semua instansi harus siapkan ruang khusus perokok. Jika tidak semuanya bisa melanggar. Termasuk anggota dewan yang 90 persen adalah perokok berat,” kata politisi Demokrat itu, Rabu 16 Desember.

Akbar berharap, Pol PP tidak tebang pilih dalam menegakkan perda tersebut. Pasalnya banyak perda lain yang masih mandul di Maros.

Salah satu kelurahan di Maros sendiri meraih penghargaan sebagai Kelurahan Terbaik Penerapan Kawasan Tanpa Rokok tingkat Provinsi Sulsel, yakni Kelurahan Kallabirang. Penghargaan itu diberikan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pada peringatan hari kesehatan nasional, beberapa waktu lalu. (M Haris Syah/FAJARONLINE)

To Top