Ketua Apeksi Ajak Kota Lain Belajar di Makassar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ketua Apeksi Ajak Kota Lain Belajar di Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah (Komwil) VI Indonesia Timur, Marten A Taha mengajak seluruh kota anggota Apeksi di wilayahnya belajar ke kota Makassar.

Marten yang juga wali kota Gorongtalo itu mengatakan Makassar menjadi pusat ekonomi dan pembangunan yang jauh lebih maju dibandingkan kota-kota di kawasan timur Indonesia.

Karenanya Apeksi menurutnya akan selalu menjadikan Makassar sebagai pusat studi. SDM dalam rangka pelayanan publik di Makassar sudah dimanfaatkan dan berbasis IT.

“Kota Makassar sudah menjalankan itu semua. Tidak perlu kita jauh belajar di Bandung atau Surabaya. Karena Makassar tidak kalah majunya di banding mereka,” sebutnya saat pembukaan lokalatih pengembangan SDM pelayanan publik Apeksi di Hotel Horison, Selasa 15 Desember.

Telemedicine atau home care, layanan kesehatan langsung ke rumah warga berbasis IT menjadi daya tarik tersendiri mayoritas peserta Apeksi untuk melihat langsung sistem dan cara kerjanya di lapangan.

Hal itu juga dikemukakan ketua panitia Abdul Talib Mustafa. “Kita tahu ada inovasi kesehatan Home Care di Makassar. Banyak kota-kota meminta studi lapangan bagaimana homecare ini bisa diduplikasi menjadi pembelajaran untuk diikuti di kota masing-masing,” katanya.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto terlihat merendah dan mengatakan bahwa homecare hanyalah biasa-biasa saja. Meski demikian ia mengatakan bahwa pihaknya terbuka kapan saja bagi siapa pun yang akan melakukan studi banding di Makassar.

“Memang ini merupakan kekuatan Apeksi untuk saling share (berbagi) antara kota-kota karena semua pasti memiliki keunggulan dan kekurangan,” katanya.

Kegiatan ini bertajuk peningkatan kapasitas aparatur dan pelayanan publik. dihadiri 57 peserta dari 9 provinsi dan 17 kota anggota Apeksi Komwil VI yakni Sulawesi, Ambon Maluku dan Papua. Kegiatan dibuka hari ini hingga dua hari ke depan. (*/FAJARONLINE)


loading...
Click to comment
To Top