Pimpinan KPK Siapkan Perlawanan Bebaskan Novel Baswedan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pimpinan KPK Siapkan Perlawanan Bebaskan Novel Baswedan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Para pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak mau berdiam diri dengan kasus yang menjerat Novel Baswedan. Karenanya, KPK akan berupaya melepaskan Novel dari jerat hukum.

Novel yang merupakan penyidik senior KPK, terjerat kasus penganiayaan berat yang berujung hilangnya nyawa saat menjadi Kasatreskrim di Polres Bengkulu. Kini berkas perkaranya sudah dilimpahkan dari Bareskrim Polri ke Kejaksaan Negeri Bengkulu.

Menurut pelaksana tugas (Plt) Ketua KPK Taufiequrrahman Ruki, masih ada berbagai upaya hukum yang bisa dilakukan untuk membebaskan Novel. “Kita hadapi di pengadilan, apakah JPU (jaksa penuntut umum, red) bisa membuktikan Novel (bersalah, red). Masih ada upaya banding dan kasasi. Kita akan lawan dengan melakukan upaya hukum,” kata Ruki dalam keterangan pers di KPK, Selasa (15/12).

Menurutnya, pimpinan KPK telah melakukan berbagai upaya agar Novel bebas dari jeratan hukum. Misalnya, dengan berulang kali menemui Kapolri Badrodin Haiti untuk menerbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus Novel. Namun, Polri menolaknya dengan alasan profesionalisme.

Tak sampai di situ, pimpinan KPK juga berkomunikasi dengan pihak Kejaksaan Agung agar bisa mengeluarkan Surat Keputusan Penghentian Penuntutan (SKP2). “Kalau mereka tidak mau keluarkan, apa yang kami bisa buat?” ujarnya.

Karenanya, kata Ruki, KPK bakal menghormati proses hukum yang akan dilalui Novel. Namun, hal itut tidak akan membuat KPK berhenti melakukan perlawanan. “Kami lakukan cara elegan. Kami belum putus asa,” pungkasnya. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top