Satlantas Polres Kudus Gencar Razia Jelang Natal dan Tahun Baru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Satlantas Polres Kudus Gencar Razia Jelang Natal dan Tahun Baru

KUDUS – Menjelang Natal dan Tahun Baru, Satlantas Polres Kudus gencar melaksanakan operasi pengamanan. Berdasarkan razia yang dilakukan banyak pelanggar merupakan pekerja swasta. Razia digelar di beberapa lokasi yang berbeda. Hal itu untuk menjaring kemungkinan adanya curat terlebih pada saat malam hari khususnya untuk kendaraan roda dua.

“Razia rutin akan terus kami lakukan pada bulan ini. Ini untuk memberikan rasa aman dan pencegahan aksi kejahatan menjelang Natal dan Tahun Baru. Khususnya pengamanan kendaraan bermotor,” kata KBO Satlantas Kudus Iptu Anwar, kemarin (15/12).
Iptu Anwar menjelaskan dengan adanya razia dapat meminimalisir terhadap banyaknya kasus pencurian kendaraan yang meresahkan masyarakat. Selain itu razia juga untuk memberikan shock terapi bagi para pengendara yang kurang tertib dalam berlalu lintas.
Berdasarkan razia yang dilakukan banyak pengendara dari kalangan karyawan swasta yang biasanya enggan membuat Surat Izin Mengemudi (SIM). Beragam alasan yang dilontarkan saat terjaring razia.
Seperti yang terjadi pada pagi kemarin di Jalan Pemuda, sekitar satu jam petugas melakuan razia. 128 pelanggar berhasil terjaring. Jumlah tersebut didominasi pengendara yang tidak memiliki SIM.
“Ada 120 yang tidak dilengkapi SIM, jadi STNK kami tahan, kemudian sisanya baru tidak punya STNK kemudian SIM-nya kita tahan. Banyak diantara dari mereka sebagai karyawan swasta,” ungkapnya.
Kejadian seupa juga terjadi pada razia sebelumnya. Masih banyak dijumpai masyarakat Kudus yang tidak memiliki SIM namun memiliki kendaraan yang bagus. Hal tersebut sangat disayangkannya mengingat SIM sangat penting ketika terjadi sesuatu.
“Ya kami mengimbau kepada masyarakat, supaya membuat SIM. Itu juga untuk kebutuhan masyarakat sendiri,” imbaunya.
Sementara itu, selama Desember, tercatat sekitar 218-an pelanggar lalu lintas. Tingginya angka tersebut membuat jajaran Satlantas Polres Kudus terus menciptakan keamanan di jalan jelang Natal dan Tahun Baru dengan melakukan operasi.
“Termasuk operasi pada malam hari. Tujuannya untuk antisipasi curat dan kasus pencurian kendaraan bermotor,” pungkasnya. (nr)

To Top