Sistem Akrual Baik, Maros Berpeluang Pertahankan WTP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Sistem Akrual Baik, Maros Berpeluang Pertahankan WTP

FAJAR.CO.ID, MAROS — Implementasi sistem Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual di Pemkab Maros mendapat apresiasi BPK. Maros disebut telah melaksakan sistem baru itu dengan baik sehingga membuka peluang mempertahankan predikat WTP.

Pengendali Teknis BPK Perwakilan Sulsel, Pri Herianto menyebut Maros sejauh ini berhasil mencatat transaksi kas berikut utang-piutang dengan lengkap. Hal itu berdasarkan pemeriksaan BPK tahun 2014 dan Triwulan III-2015.

“Khusus Maros, sudah sangat baik dan siap diperiksa. Kami nilai penerapan sistem dengan tiga aspek penilaian, yakni regulasi, pengelolaan SDM, dan teknologi informasi,” urainya, Rabu 16 Desember.

Penilaian itu terhitung luar biasa, mengingat sistem akrual baru mulai diterapkan tahun ini. Sementara kabupaten/kota lain di Sulsel dinilai masih gagap menerapkan sistem itu.

“Dalam sistem baru ini, pendapatan dan biaya dicatat saat hak dan kewajiban timbul. Artinya meski uang kas daerah belum keluar, sudah harus dicatat dalam sistem berbasis online. Banyak yang belum paham sepenuhnya,” jelasnya. (M Haris Syah/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top