Sulsel Terbaik Pelayanan Publik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Sulsel Terbaik Pelayanan Publik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Provinsi Sulawesi Selatan menjadi provinsi yang paling baik dalam pelayanan publik se Indonesia. Hal itu ditandai dengan penganugerahan Ombudsman Award 2015 kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dari Ketua Umbudsman Danang Girindrawardhana di Jakarta.

Sulsel mengalahkan Provinsi Jawa Timur diposisi kedua, dan Provinsi Kalsel di posisi ketiga. Setidaknya ada 30 produk inovasi yang dilakukan Gubernur Sulsel dalam pelayanan publik sehingga mendapat predikat kepatuhan tertinggi dengan nilai 88,3.

Dalam arahannya usai menerima penghargaan, Syahrul menyampaikan setidaknya ada 5 hal yang dalam mewujudkan pelayanan publik. Yaitu, adanya transparansi informasi ke publik, pemerintahan yang baik dengan aturan, pemberantasan pungli,  manajemen agenda, dan koordinasi pusat dan daerah.

Berkat pelayanan publik yang baik, kata Syahrul membuat pertumbuhan ekonomi di Sulsel cukup tinggi diatas rata-rata nasional yakni sebesar 7,6 persen. Dengan pendapatan masyarakat diatas Rp30 juta perbulan dalam lima tahun. Bahkan tahun 2016 ditarget sebesar Rp50 juta dan Rp60 juta pada 2018 mendatang.

“Saya tidak butuh hari, tidak butuh jam. Saya butuh 5 menit, 3 menit selesai, ” kata Syahrul.

Ketua Ombudsman RI, Danang Girindrawardana, mengakui kalau banyak pemda yang tidak bisa mengimplementasikan standar peraturan pelayanan publik di lapangan yang sesuai UU Nomor 25 Tahun 2009. Selain itu yang membuat pelayanan publik rendah dimata masyarakat karena didukung oleh akses keterbukaan informasi yang sangat rendah.

“Sampai saat ini saya belum pernah melihat kalau ada kepala daerah yang memberikan sanksi kepada bawahannya jika tidak menerapkan standarisasi pelayanan publik. Tidak terbuka berarti mengindikasikan ada pungli dan korupsi,” sebutnya. (idr/fmc)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top