Teroris Jadi Musuh Bersama 34 Negara Mayoritas Islam – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Teroris Jadi Musuh Bersama 34 Negara Mayoritas Islam

FAJAR.CO.ID, ARAB SAUDI – Kelompok terorisme akan menjadi musuh bersama dari aliansi militer terbaru lintas negara. Pemerintah Arab Saudi mengumumkan, sedikitnya 34 negara mayoritas berpenduduk muslim, tergabung dalam kesepakatan bersama memerangi pelaku teror terkelompok.

Pengumuman ini disampaikan wakil Putra Mahkota Saudi dan Menteri Pertahanan Mohammed bin Salman, sebagaimana dirilis resmi oleh kantor berita pemerintah, Saudi Press Agency.

Dalam pernyataannya dikatakan, bahwa inisiatif membentuk aliansi militer ini, karena dinilai berbagai kelompok teroris ini sudah mendatangkan kerugian yang banyak, khususnya pada Islam.

Terorisme disebut sebagai pelanggaran serius terhadap martabat dan hak-hak asasi manusia. Terutama hak untuk hidup dan merasa aman di negerinya sendiri.
Aliansi militer baru Islam ini juga menyepakati kota Riyadh, sebagai pusat koordinasi operasi militer.

“Ada banyak negara yang menderita karena terorisme. Ada terorisme Daesh (ISIS) di Suriah dan Irak, terorisme di Sinai, terorisme di Yaman, terorisme di Libya, terorisme di Mali, terorisme di Nigeria, terorisme di Pakistan, terorisme di Afghanistan. Ini butuh usaha bersama dan kuat untuk melawannya,” kata Mohammed bin Salman.

Negara yang sudah menyatakan kepastian untuk bergabung dalam aliansi militer ini, diantaranya Yordania, Bahrain, Turki, Uni Emirat Arab, Tunisia, Lebanon, Libya dan Mesir.
Dari Asia Tenggara ada Pakistan, Bangladesh, dan Malaysia. Juga sejumlah negara Afrika seperti Sudan, Somalia, Mali dan Nigeria.

Sementara Indonesia, sebagai Negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia disebutkan menyatakan dukungan dalam langkah dan upaya memerangi berbagai aksi terorisme. (afz/JPG)

loading...
Click to comment
To Top