Warga Salenrang Protes Semen Bosowa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Warga Salenrang Protes Semen Bosowa

FAJAR.CO.ID, MAROS — Ratusan warga Desa Salenrang melancarkan protes kepada PT Semen Bosowa Maros. Mereka merasa pihak perusahaan berlaku diskriminatif terkait penerimaan tenaga kerja harian di pabrik semen milik Aksa Mahmud itu.

“Kami merasa diperlakukan tidak adil, karena penerimaan tenaga kerja terlalu rumit karena mesti melalui rekomendasi kepala desa. Nah bagaimana dengan yang tidak diberi rekomendasi ?,” ujar Juru Bicara Warga Salenrang, Iwan Dento, Rabu 16 Desember.

Iwan menyebut pihaknya telah melancarkan protes resmi bahkan demonstrasi di kantor manajemen Bosowa di Maros, dengan menamakan diri Persatuan Rakyat Salenrang, Jumat lalu. Pihaknya terpaksa mendatangi kantor lantaran protes mereka tidak direspon sesuai harapan.

“Desa Salenrang hanya mendapatkan jatah 1 dari 20 tenaga kerja harian yang dibutuhkan, yang mana kami merasa itu sangat sedikit. Rumitnya syarat perekrutan juga rawan dimanfaatkan pihak tertentu karena sarat jatah-jatahan. Warga harus tahu mesti mengadu kemana soal ini,” beber Iwan.

Warga meminta  manajemen perusahaan membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait perekrutan, agar adil dan merata bagi warga sekitar pabrik. Pasalnya pihak perusahaan jauh-jauh hari sudah berjanji agar memberdayakan warga desa dengan proporsinal.

Terpisah, Bagian Development dan HRD selaku supervisor pengembangan karyawan, Suharto Saga mengaku telah menerima protes resmi dari perwakilan warga. Dirinya berjanji bakal menindak lanjuti keluhan tersebut. “Semen Bosowa akan meninjau hal itu dan kami evaluasi sesuai SOP perusahaan.’’ tandasnya. (M Haris Syah/FAJARONLINE)

 
 
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top