140 Personil Polri Jalankan Misi Perdamaian – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

140 Personil Polri Jalankan Misi Perdamaian

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Polri akan menugaskan sebanyak 140 personel polisi dalam misi United Nations – Africa Union Mission in Darfur di Sudan. Pasukan yang lebih dikenal dengan Formed Police Unit (FPU) VIII Garuda Bhayangkara, berangkat Kamis (17/12) sore.

“Tugas mereka yang utama tentu ikut menjaga keamanan di Sudan. Bagaimana memberikan perlindungan kepada masyarakat, memberikan asistensi tentang bagaimana berjalannya hukum disana, serta menjaga HAM (Hak Asasi Manusia),” kata Kapolri, Jenderal Badrodin Haiti dalam sambutannya di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, (17/12)

Menurut Badrodin, Polri sudah sering mengirimkan personelnya di sejumlah negara rawan konflik. Dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Badrodin berharap nama Indonesia tetap dikenal baik oleh negara lain, yaitu dengan menjaga kedamaian dunia.

“Kita patut berbangga telah mendapatkan apresiasi positif, serta dikenal disiplin dalam melaksanakan tugas. Diluar. saya berharap personel yang diberangkatkan harus membawa harum nama Indonesia,” tuturnya.

Penugasan personel Polri ke luar negeri sendiri sudah dilakukan sejak 1989. Sampai sekarang, tercatat sudah puluhan ribu personel polisi yang mengikuti program keamanan yang diselenggarakan oleh PBB itu.

“Polri sudah berpartisipasi aktif sejak tahun 1989. Saat ini ada 1.300 personel ditugaskan menjaga perdamaian di Sudan, Sudan Selatan, Bosnia, dan beberapa negara konflik lainnya,” pungkas jenderal asal Jember itu. (mg4/jpnn)

To Top