KIH Berpeluang Ambil Alih Pimpinan DPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

KIH Berpeluang Ambil Alih Pimpinan DPR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan mundurnya Setya Novanto dari jabatan ketua DPR akan mematik kekisruhan baru di Senayan, terutama berkaitan desakan kocong ulang pimpinan DPR.

Lebih ekstrim, pihaknya memprediksi pucuk pimpinan DPR bisa saja diambil alih oleh Koalisi Partai Pendukung Pemerintah (KP3) yang dipimpin PDI Perjuangan.

“Pimpinan DPR berpeluang diambil alih KIH. Pengunduran Setya Novanto sebagai pintu masuk bagi pemburu kekuasaan pimpinan DPR. Jelas itu akan memantik kisruh dan kegaduhan baru,” kata Pangi di Jakarta, Kamis (17/12).

Namun, sepanjang UU MD3 tidak direvisi kemungkinan besar yang mengantikan posisi ketua DPR tetap dari Fraksi Partai Golkar. Tapi ia melihat peluang kocok ulang pimpinan besar kemungkinan terjadi dengan menguatnya dorongan revisi UU MD3 (MPR, DPR, DPD dan DRD).

“Sebaiknya DPR berhenti menampilkan kekisruhan baru melalui drama revisi UU MD3, kocok ulang pimpinan DPR. Mulai lah fokus memikirkan rakyat,” ujarnya. (fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top