Menteri Yuddy Ingatkan Pemkot Kendari Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Menteri Yuddy Ingatkan Pemkot Kendari Perbaiki Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik

FAJAR.CO.ID, KENDARI – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara danReformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi, mengunjungi beberapa unit kerja intansi pusat di daerah seperti Kanwil Kemenkumham, Kementerian LH dan Kehutanan, BPKP, BKKBN dan BPN.

“Kantor-kantornya bagus dan terpusat di satu kawasan pemerintahan sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mengurus berbagai keperluan,” ucap Yuddy dalam kunjungannya di Kendari, Kamis (17/12).

Pasca sidak ke beberapa instansi, Menteri yang didampingi Deputi Kelembagaan dan Tatalaksana Kementerian PANRB Rini Widyantini, beraudiensi dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Kendari.

Dalam kesempatan itu, Yuddy berpesan agar pelayanan publik terus ditingkatkan, tata kelola pemerintahan diperbaiki. Hal ini perlu mendapat perhatian, karena Kota Kendari nilainya masih C. “Maka dari itu saya mengingatkan agar diperbaiki tata kelola, perbaiki sistem agar masyarakat semakin merasakan pelayanan yang baik dan masyarakat semakin sejahtera dengan membaiknya tata kelola pemerintahan Kota Kendari,” ujar Menteri.

Ditambahkan, bahwa sektor pariwisata merupakan salah satu andalan Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara ini. Karena itu, Menteri PANRB juga mendorong agar pemda memperbaiki berbagai fasilitas pariwisata, antara lain dengan menciptakan kebersihan, pembenahan Teluk Kendari agar bisa mendatangkan devisa. “Hotel-hotel akan terisi penuh oleh turis, oleh-oleh akan banyak dibeli untuk dijadikan buah tangan, makanan khas Kota Kendari bisa dinikmati oleh para turis yang hadir sehingga perputaran ekonomi meningkat,” ujar Yuddy.

Selain itu, perlu ditumbuhkembangkan jiwa entrepreneurship. “Pak Wakil mengatakan bahwa Monas adalah pijakan, Borobudur adalah masa lalu, Kendari adalah masa depan‎ bisa diwujudkan bila SDM dibangun dengan menanamkan jiwa enterpreneurship serta pembangunan dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Menteri juga menitipkan pesan agar ASN Kota Kendari ‎terus meningkatkan kinerja. Apalagi gaji ke-14 bagi ASN mulai berlaku tahun depan. “Semoga ini menjadi pelecut semangat ASN untuk lebih meningkatkan kinerjanya,” imbuh Yuddy.

Wakil Walikota Kendari Musadar, mengungkapkan, Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kota Kendari baru saja menerima penghargaan dari Ombudsman RI sebagai salah satu BPPT terbaik, penghargaan Adipura, dan PAD Kota Kendari juga naik. “Tetapi hal itu tidak membuat kami puas. Kami memohon agar bisa terus dibimbing agar Kota Kendari semakin baik ke depan,” papar Musadar. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top