Seleksi Capim KPK, Demokrat Sudah Punya Pilihan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Seleksi Capim KPK, Demokrat Sudah Punya Pilihan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono telah memberikan perintah kepada kadernya di DPR terkait proses pemilihan calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Presiden RI dua periode yang kondang dengan inisial SBY itu memerintahkan agar Fraksi PD memilih capim KPK yang bisa memperkuat lembaga antirasuah itu.

“Pak Ketum (SBY) itu memilih capim yang memiliki kredibilitas tinggi, memiliki independensi, dan komitmen memperkuat KPK ke depan,” ujar Benny K Harman selaku anggota FPD yang duduk di Komisi III DPR, Kamis (17/12).

Namun, Benny enggan menyebut nama-nama capim pilihan SBY. Yang pasti FPD sudah punya pilihan dari 10 capim KPK yang ada. “Pasti ada, nanti diumumkan,” katanya.

Sedangkan kolega sefraksi Benny di Komisi III DPR, Erma Suryani Ranik menambahkan, arahan SBY adalah agar memilih capim KPK sesuai dengan UU. “UU meminta lima nama, maka harus dipatuhi. Tidak boleh kurang atau lebih,” ucapnya.

Menurutnya, SBY juga meminta agar FPD mengapresiasi hasil kerja panitia seleksi (pansel) capim KPK yang telah memilih Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata. Busyro dan Robby adalah nama yang terpilih oleh pansel capim KPK di era kepresidenan SBY.

“Pansel sebelumnya kan sudah‎ keluar dua nama‎ (Busyro dan Robby, red). Jadi, jangan sampai komisi III DPR ini tidak mengapresiasi hasil pansel sebelumnya. Buat kami itu adalah rambu-rambu yang penting,” ujar Erma.

Kendati demikian, anggota komisi III DPR itu mengaku‎, sepuluh capim KPK yang telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) merupakan orang-orang yang mumpuni. “Semuanya jago-jago,” pungkasnya.(rka/JPG)

loading...
Click to comment
To Top