Soal Pengganti Papa Novanto, Agung Laksono: Serahkan Saja Kepada PDIP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Soal Pengganti Papa Novanto, Agung Laksono: Serahkan Saja Kepada PDIP

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua umum Partai Golkar versi musyawarah nasional (munas) Ancol, Agung Laksono menyatakan, kursi ketua DPR mestinya menjadi hak pemenang pemilu legislatif. Pernyataan Agung itu sebagai respons atas mundurnya Setya Novanto dari posisi ketua DPR.

Menurut Agung, saat ini memang saat-saat krusial untuk menentukan pengganti Novanto. “Kalau menurut saya, sekarang masuk episode siapa yang akan mengganti Setya Novanto itu,” kata Agung Laksono, saat dihubungi wartawan, Rabu (16/12).

Namun, Agung menilai PDIP lebih berhak menduduki kursi ketua DPR. Sebab, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu merupakan pemenang pemilu.

Sedangkan untuk posisi wakil ketua DPR diserahkan sesuai urutan perolehan suara partai di pemilu legislatif lalu. “Diserahkan saja kepada PDIP, kemudian dilanjutkan Golkar, seperti urutan pemenang pemilu,” cetusnya.

Menurut Agung, pola itu sama dengan UU MPR, DPR, DPD dan DPRD yang lama. Artinya, partai pemenang pemilu legislatif  otomatis berhak atas kursi ketua DPR.

“Intinya kocok ulang. Dengan formasi kembali awalnya dengan UU MD3,” imbuh mantan ketua DPR itu.

Sementara merujuk  pada UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), pada pasal 87 disebutkan bahwa dalam  hal  salah  seorang  pimpinan  DPR  berhenti  dari jabatannya, maka penggantinya berasal dari partai politik yang sama.

Seperti diketahui, di internal Golkar juga sudah sejumlah nama yang disebut-sebut akan menggantikan Novanto. Antara lain Ade Komarudin, Aziz Syamsuddin, Fadel Muhammad dan Titiek Soeharto. (fas/jpnn/ara/JPG)

loading...
Click to comment
To Top