Begini Komentar Indriyanto Soal Pimpinan KPK yang Baru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Begini Komentar Indriyanto Soal Pimpinan KPK yang Baru

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi III DPR telah memilih lima komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid IV periode 2015-2019. Lima nama itu terbilang merupakan wajah baru di lingkungan komisi antirasuah itu.

Lantas, apa kata pelaksana tugas (Plt) Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji tentang lima sosok baru yang terpilih berdasar hasil pemungutan suara (voting) di Komisi III DPR? Menurutnya, lima pimpinan KPK terpilih itu merupakan ahli di bidangnya masing-masing.

Misalnya, Agus Rahardjo yang terpilih menjadi ketua KPK, berpengalaman memimpin Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sedangkan Alenxander Marwata juga punya jam terbang sebagai hakim ad hoc di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Brigjen (Pol) Basaria Panjaitan yang berasal dari Polri pun tentu punya pengalaman tersendiri. Sedangkan Saut Situmorang punya pengalaman panjang di Badan Intelijen Negara (BIN). Demikian pula dengan La Ode M Syarif yang dikenal sebagai dosen ilmu hukum di Universitas Hasanuddin Makassar.

“Dengan demikian tentunya mencerminkan representasi bidang kelembagaan,” kata Indriyanto saat dihubungi, Kamis (17/12) malam.

Karenanya, pakar hukum pidana itu mengucapkan selamat kepada pimpinan baru KPK. Indriyanto juga optimistis lima komisioner KPK yang baru bakal mampu menjaga marwah serta integritas lembaga ad hoc yang lahir sejak 2002 itu.

“Kami yakini dapat menjaga integritas dan kharismatik kelembagaan KPK sebagai penegak hukum yang dipercaya publik,” pungkasnya. (put/jpg)

Click to comment
To Top