Diskusi Akhir Tahun: Ekonomi Sulsel akan Tumbuh Kencang di 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Diskusi Akhir Tahun: Ekonomi Sulsel akan Tumbuh Kencang di 2016

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR, — Dialog publik tentang outlook ekonomi Sulawesi Selatan, digelar Harian Ujungpangang Ekspres, di Lantai 19 Gedung Graha Pena, Jumat 18 Desember sore ini. Empat pembicara yang hadir, yakni Causa Iman Karana, menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2016 mendatang diprediksi mencapai 7 hingga 8 persen. “Kita yakin, titik balik untuk kembali tumbuh pesat akan terjadi di 2016 mendatang,” jelas Causa Iman. Secara makro, dia menyebut beberapa indikator. “Tahun depan, kita akan tumbuh lebih cepat. Kalau secara nasional, bisa 4­5 persen. Inflasi Sulsel juga terjaga di 4 plus minus 1 persen, dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Rp13.900,” jelas Causa Iman Karana. Salah satu pemacu pertumbuhan ekonomi Sulsel 2016 mendatang, adalah investasi dan pembangunan infrastruktur. “Investasi smelter atau pengolahan nikel di Bantaeng akan beroperasi awal Januari mendatang. Jadi mulai berproduksi awal tahun,” tambah Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah.

Sementara itu, Hariyadi Kaimuddin, menyebutkan, tantangan terbesar yang dihadapi Indonesia adalah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Dampak terbesar dari MEA adalah persaingan tenaga kerja. Info terakhir, ada 1.000 orang Filipina yang belajar bahasa Indonesia, untuk ke sini melamar jadi supir taksi. Apa nda ngeri itu? Sampai saat ini, tenaga asing sudah masuk mengisi posisi­posisi ekspert di perusahaan, jadi konsultan IT, dan analis. Bahkan ada yang belajar Bahasa Jawa untuk menjadi tour gaet di sini,” jelas dia.

Hariyadi bahkan sempat membeberkan data torehan Toyota Cabang Makassar meraih persaingan pasar otomotif nasional. Dikatakan, Karyadi sejak bergabung di Toyota Kalla tahun 2007 banyak terebosan dilakukan agar bisa meraih prestasi yang diinginkan dan hasilnya tahun 2012 meraih predikat Main Diler terbaik nasional. “Kalau kita punya mimpi besar dan berusaha mewujudkan itu maka pasti bisa, dan akan terealisasi. Nah, begitu juga Sulsel ke depan, kalau kita punya cita­cita besar, InsyaAllah suastu saat akan dapat meraihnya,” beber Karyadi di depan ratusan peserta diskusi yang hadir. (hasbi zainuddin/FAJARONLINE)

loading...
Click to comment
To Top