Kadir Karding: Perempuan Nilai Tambah Irjen Pol Basariah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kadir Karding: Perempuan Nilai Tambah Irjen Pol Basariah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anggota Komisi III DPR RI, Abdul Kadir Karding menyebut, terpilihnya Irjen Pol Basaria Pandjaitan sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), salah satunya dipengaruhi karena satu-satunya capim perempuan yang lolos. Dengan demikian, kehadiran dia menjadi satu keinginan tersendiri dengan harapan bisa berkontribusi dalam pemberantasan korupsi.

Selain itu, latar belakang hukum yang dimiliki Basaria menurutnya, layak untuk masuk di lembaga anti rasuah ini. Bahkan dengan kehadirannya akan menunjukkan bagaimana sikap seseorang yang berlatar belakang polisi sebagai orang yang diberi tugas penting memberantas korupsi. Apalagi, KPK yang mendapatkan begitu besar kepercayaan publik. “Tapi karena capim perempuan, maka itu poin tersendiri,” kata Karding di Gedung DPR RI.

Basaria Pandjaitan sendiri dalam pemilihan capim KPK di Komisi III mampu meraup suara terbanyak kedua dengan 51 suara. Dibelakang Agus Rahardjo yang mampu mendapatkan suara paling banyak yakni 53 suara. Laode Muhammad Syarif dan Saut Situmorang sama-sama mendapatkan 37 suara. lalu Alexander Marwata berada pada urutan ketiga dengan 46 suara.

Anggota Komisi III lainnya, Akbar Faizal mengatakan, penindakan korupsi harus dilakukan secara profesional. Tidak dengan melanggar hak asasi manusia. Yakni dengan penetapan tersangka, namun selanjutnya, kasusnya menggantung hingga tahunan. Dia menyebut, banyak yang harus diperbaiki di KPK saat ini. Termasuk bagaimana koordinasi dengan aparat hukum lainnya.

Lima pimpinan KPK yang terpilih yakni mantan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah, Agus Rahardjo (ketua) dan empat wakil ketua masing-masing Hakim ad hoc Tipikor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Alexander Marwata, mantan petinggi Badan Intelejen Nasional, Saut Situmorang, dan Basaria Panjaitan dari unsur kepolisian, serta Laode Muhammad Syarif. (arm)

 

Click to comment
To Top