Mendagri Usul TNI di Daerah Dapat Bantuan dari APBD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Mendagri Usul TNI di Daerah Dapat Bantuan dari APBD

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya tengah mengusulkan agar TNI memperoleh dana bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Usulan hadir mengingat dalam mengamankan maupun membangun daerah, Pemda juga perlu bersinergi dengan TNI.

“Permendagri sudah diusulkan. Kan harus dengan Menkeu (persetujuan menteri keuangan,red). Dulu kan tidak membolehkan instansi daerah (polisi, TNI dan kejaksaan,red) mendapat dana dari APBD,” ujar Tjahjo, Kamis (17/12).

Selain perlu bersinergi, Tjahjo mengatakan unsur pimpinan di daerah tidak hanya terdapat Pemda. Namun juga DPRD, TNI, polisi dan kejaksaan.

“Karena itu boleh dong APBD, memberi stimulan untuk menunjang TNI masuk desa, ini kan untuk kepentingan masyarakat juga. Misalnya membangun jalan, kesehatan, ini yang sedang kita ajukan,”ujar Tjahjo.

Ditanya terkait besaran anggaran yang kemungkinan dapat dikucurkan dari APBD, Tjahjo mengatakan tidak mungkin sama di semua daerah.

“Masing-masing daerah kan PAD (pendapatan asli daerah,red) beda-beda. Ini akan coba kami buat dengan baik, kalau enggak akan sangat repot. Padahal di daerah itu semua ikut terlibat membangun, memelototi, menjaga stabilitas. Kalau ada konflik bupati/walikota, lari ke TNI/Polisi,”ujar Tjahjo. (gir/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top