Pengacara Beberkan Fakta Kasus Hatta Rahman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pengacara Beberkan Fakta Kasus Hatta Rahman

FAJAR.CO.ID, MAROS — Proses ditetapkannya calon bupati Maros, Hatta Rahman sebagai tersangka banyak disoroti pelbagai kalangan. Protes tertulis hingga unjuk rasa, bahkan penjelasan resmi dari tim hukum Hatta tidak membuat Bareskrim bergeming. Status tersangka Hatta, tetap melekat meski yang bersangkutan masih menjalani tahapan Pilkada Maros.

Pengacara Hatta, Yunus Tiro menjelaskan Hatta ditersangkakan sedemikian cepat tanpa pernah diperiksa sebagai saksi. Kasus itupun pernah terhenti di Polda Sulselbar selama tiga tahun karena tidak bisa P 21 dan 4 kali dikembalikan oleh kejaksaan, dengan alasan kerugian negara relatif kecil sebesar Rp.78 juta.

“Berdasar audit investigatif BPKP. kerugian negara Rp 78 juta dan telah dikembalikan oleh kontraktornya. Tiba­tiba, usai Hatta dinyatakan unggul di real count, dia diseret masuk sebagai tersangka tanpa pernah diperiksa,” kritiknya. Jumat 18 Desember. Advokat itu juga mengunggah hasil audit BPKP di jejaring sosialnya, sehingga mudah bagi warga untuk melihat fakta dan kronologis kasus yang dituduhkan kepada Hatta.

“Bahwa dari penjelasan yang kami peroleh dari pihak kejaksaan, mengapa kasus ini sampai berlarutlarut dan tidak bisa di P21 karena pertimbangan spirit pemberantasan korupsi ini saat yang lebih berorientasi pada recovery keuangan negara, ketimbang menghukum pelaku korupsi,” bebernya. Untuk kepentingan proses penyidikan dan penuntutan, Negara kata Yunus tentu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit sementara berdasarkan audit BPKP nilai kerugian negara tergolong kecil dan telah dikembalikan pada kas Negara. “Pertanyaannya, setelah bertahun­tahun, kasus ini diambil alih oleh Bareskrim,” tutupnya. (FAJARONLINE.COM/M Haris Syah)

Click to comment
To Top