Barcelona dan River Plate Sama-sama Berambisi Besar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Bola

Barcelona dan River Plate Sama-sama Berambisi Besar

FAJAR.CO.ID, YOKOHAMA – Ambisi besar bakal diusung Barcelona dan River Plate jelang bentrok mereka di partai puncak Piala Dunia Antarklub di International Stadium Yokohama, Minggu (20/12). Masing-masing tim memburu kata ‘sejarah’ dalam perjalanan klubnya.

Barcelona misalnya. Juara bertahan Liga Champions itu memiliki impian sebagai klub tersukses dengan tuga gelar. Sejauh ini, tim asal Catalan itu harus puas berbagi rekor dengan Corinthians yang sama-sama mengemas dua gelar.

Kans untuk membuka sejarah itu terbuka ketika mereka menantang River Plate besok malam. Barcelona bisa sedikit percaya diri karena mereka memiliki rekor yang bagus ketika bentrok dengan tim asal Argentina.

Pada final 2009 di Uni Emirat Arab, El Barca, julukan Barcelona, mampu menang atas Estudiantes 2-1 setelah Lionel Messi menjadi man of the match dengan golnya di menit 110.

Hanya, tanda tanya besar mengiringi perjalanan Barcelona menghadapi River Plate. Yang paling menjadi perhatian besar entrenador Luis Enrique adalah kondisi terkini dua bintang lini depan mereka, Messi dan Neymar.

Neymar memang mulai menunjukkan perkembangan pasca mengalami cedera pangkal paha di sesi latihan saat menghadapi Bayer Leverkusen 9 Desember lalu. Daily Mail melansir, kapten timnas Brasil itu mulai melakoni berbagai porsi latihan berat dalam sesi latihan bersama pagi kemarin waktu setempat (18/12).

Sementara Messi masih berada di hotel tim untuk memulihkan diri dari renal colic atau gangguan pada saluran kencing akibat adanya batu ginjal. Striker 28 tahun berjuluk La Pulga itu juga ditemani oleh fullback kanan Dani Alves yang juga tidak datang ke latihan akibat mengalami sedikit nyeri pada kakinya.

Messi mengaku kecewa karena dia harus absen 1,5 jam menjelang laga melawan Guangzhou Evergrande Taobao akibat rasa sakit beruntun yang diterimanya lewat akun Facebook pribadinya.

“Kerja bagus dari tim. Akhirnya kami mencapai final,” puji Messi mengenai hattrick yang dicetak oleh Luis Suarez seperti dilansir Football Espana.
“Sangat menyakitkan melewatkan game itu. Aku berharap bisa kembali 100 persen sehingga membantu tim memenangkan final,” papar Messi kembali.

Enrique menjelaskan, untuk Alves, dirinya optimistis bek Brasil 32 tahun itu bakal tampil pada laga final. Namun, pendapat berbeda disampaikan terkait dengan perkembangan kondisi dua anggota dari trio MSN tersebut.

“Kami tidak tahu apakah kami bisa mengandalkan Messi dan Neymar tepat pada waktunya,” tutur Enrique seperti dilansir Sky Sports.

“Mereka sendiri saja tidak tahu apakah mereka bakal siap, begitupun kami. Jadi, kami harus melihat perkembangannya,” jelas pelatih 45 tahun tersebut.

Tentu tidak cukup jika sekedar mengandalkan ketajaman Suarez maupun kreasi umpan dari kapten Andres Iniesta. Sebab, La Banda, julukan River Plate, juga memiliki ambisi untuk mencetak rekor sebagai tim Argentina pertama yang mampu mengangkat Piala Dunia Antarklub.

Ketika masih bernama Piala Interkontinental, Argentina begitu merajalela dengan enam klub menyumbangkan sembilan gelar. River sendiri berhasil menjadi kampiun 1986 silam serta runner up satu dekade berselang.

Namun, sejak era Antarklub 2005 silam, pencapaian terbaik bagi wakil Tango adalah tiga runner up masing-masing dicetak oleh Boca Juniors (2007), Estudiantes (2009), dan San Lorenzo (2014.

Terpisah, Gallardo percaya diri bahwa tim sekaliber Barcelona bisa dikalahkan.

“Jika kami bermain sebagai tim, kami bisa menjadi, seperti yang biasa kami lakukan, lawan yang paling menyakitkan bagi siapapun. Bahkan tim terbaik di dunia sekalipun,” koar Gallardo seperti dilansir Ole. (apu/jpg)

 

loading...
Click to comment
To Top