IKAMI Harus Melakukan Perubahan Secara Positif – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

IKAMI Harus Melakukan Perubahan Secara Positif

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kepemimpinan yang berkarakter dan transformatif merupakan keniscayaan yang mesti dimiliki seseorang pemimpin apabila hendak bertahan dalam kehidupan sosialnya. Karena itu, IKAMI harus mampu melakukan perubahan ke arah yang lebih inovatif.

Hal itu dikemukakan Ketua Umum BPP KKSS HM Sattar Taba di depan sekitar 300 mahasiswa pada Musyawarah Nasional Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Sulawesi Selatan (IKAMI Sulsel) XVII, di Wisma PHI Jakarta, Sabtyu (19/12).

Menurut Sattar Taba, IKAMI harus melakukan perubahan secara positif untuk bersaing dalam dunia kerja sebagaimana tema Munas: Kompetisi Pemuda Bahari dalam Asean Community.

“Kepemimpinan berkarakter dan transformatif dicirikan oleh kita sendiri. Artinya kita harus mempunyai komitmen yang harus ditaati, berani melakukan inovasi, berani mengambil risiko, dan berani melakukan hal-hal baru,” kata Sattar yang juga adalah Dirut Kawasan Berikat Nusantara (KBN).

Sattar membagi pengalaman sebagai praktisi dan seorang profesional di berbagai bidang kehidupan dan pekerjaan selama 38 tahun.

Dalam kesempatan itu, Sattar juga mengisahkan perjalanan hidupnya sampai ia menjadi petinggi di berbagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dikisahkan, hampir tak ada waktu tersisa untuk bermain sehingga Sattar sejak kecil sudah ditantang untuk mengatasi hidupnya sendiri dengan berjualan beras atau berdagang rokok di terminal bis.

“Sejak kecil saya selalu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Usahakan setiap waktu ada faedah yang kita bisa ambil,” ujarnya.

Bekal hidup yang dijalani Sattar dengan kerja keras itu, ditransformasikan ke dalam praktik sewaktu ia memimpin berbagai perusahaan. Ia mengambil contoh saat menjadi Dirut Semen Tonasa yang berhasil melakukan pengembangan di pabrik semen terbesar di Indonesia Timur itu, yang saat itu terkondisi oleh situasi ekonomi.

loading...
Click to comment
To Top