Jokowi Makin Kuat, Reshuffle Bisa Dua Kali – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Jokowi Makin Kuat, Reshuffle Bisa Dua Kali

FAJAR.CO.ID,  JAKARTA – Stabilitas politik di tahun 2016 diprediksi akan berjalan baik mengingat Presiden Joko Widodo sudah melepaskan ketergantungan kepada Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah Putih.

“Tahun 2016 saya optimis kalau konteksnya politik. Jokowi makin kuat,” kata Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti, dalam diskusi “Menjaga Ingatan: Ekonomi dan Politik 2015” di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (19/12).

Ray melihat Jokowi sudah percaya diri untuk mengatur pemerintahannya. Hubungannya dengan para menteri juga sudah idealnya pemimpin kepada bawahan. Karena itu ia memperkirakan perombakan kabinet (reshuffle) akan terjadi lebih dari dua kali.

“Kabinet ini masalah sepele saja. Sekarang Jokowi kelihatan tegas. Jokowi mudah saja ganti menteri bisa sampai dua dan tiga kali reshuffle, apalagi reshuffle pertama kelihatan efektif,” ucapnya.

Sebelumnya di kesempatan sama, analis politik dari Populi Center, Nico Harjanto, menilai presiden bisa menempatkan alokasi politik kepada partai di dalam dan di luar pemerintahan dengan baik. Maka tak heran Partai Amanat Nasional (PAN) pun menyeberang dari Koalisi Merah Putih (KMP) menjadi bagian koalisi pendukung pemerintah.

“Tugas ke depan Jokowi untuk stabilitas politik ini hanya meneruskan yang sudah ada,” ucap Nico. (ald/rmol)

loading...
Click to comment
To Top