Papa Novanto Jadi Ketua Fraksi, Kinerja Golkar Makin Buruk – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Politik

Papa Novanto Jadi Ketua Fraksi, Kinerja Golkar Makin Buruk

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengamat politik Populi Center Nico Harjanto mengatakan, ditunjuknya Setya Novanto sebagai ketua Fraksi Partai Golkar di DPR akan mengancam masa depan partai berlambang beringin rindang itu. Alasannya, Fraksi Golkar dipimpin orang yang bermasalah secara etis.

“Nantinya pasti akan mengancam masa depan partai Golkar, karena menunjuk orang yang terbukti melakukan pelanggaran etik,” ujar pengamat politik Populi Center Nico Harjanto di Jakarta, Sabtu (19/12).

Novanto terbukti melakukan pelanggaran etika atas kasus Papa minta saham oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.  Bahkan, kasusnya juga tengah diusut Kejaksaan Agung (Kejagung), lantaran berpotensi melanggar hukum pidana.

Nico mengatakan terpilihnya Novanto jadi ketua fraksi akan memberikan pengaruh terhadap kinerja fraksi Golkar yang semakin memburuk. Misalnya, adanya pemberontakan dari para kader Golkar yang tidak suka dengan penunjukan itu.

Dan wajar jika nantinya ada politisi Golkar di DPR yang merasa tidak nyaman dengan kepemimpinan Novanto. “Sebab, Golkar dipimpin oleh seorang ketua fraksi yang mengalami degradasi di ranah politik,” ucapnya.

Nico menyayangkan, langkah Ketua Umum Partai Golkar munas Bali Aburizal Bakrie yang menunjuk Novanto menjadi ketua fraksi. Padahal, menurutnya, banyak kader Golkar yang masih bagus dan memiliki komitmen berpolitik secara etis. (rka/JPG)

loading...
Click to comment
To Top