Ketahui dan Hindari Penyebab Komedo – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Ketahui dan Hindari Penyebab Komedo

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Wanita paling sensitif jika memiliki masalah dengan wajah. Bukan hanya jerawat yang merusak penampilan, dan menurunkan kepercayaan diri, komeda juga sangat mengganggu. Apasih sebenarnya penyebab bintik-bintik kecil itu timbul?

Spesialis Kulit dan Kelamin Klinik Kecantikan Erha, dr Muji Iswanti SpKK menuturkan bahwa komedo adalah pori pori tersumbat. Komedo memiliki dua kriteria bisa terbuka dan bisa tertutup. Adapun penyebabnya bisa karena peningkatan produksi kelenjar minyak yang berlebihan, bisa juga akibat penyumbatan pori-pori.

Komedo terbuka atau diistilahkan blackhead comedones cirinya berwarna hitam berdiameter 0,1-3milimeter. Biasanya berkembang waktu beberapa minggu. Puncak komedo berwarna hitam disebabkan permukaan lemaknya mengalami oksidasi dan pengaruh melanin-melanin. Melanin adalah zat protein yang berperan menentukan warna kulit seseorang.

Komedo tertutup (whitehead comedones) adalah berupa papul (assa padat yang menonjol di atas kulit), pustule (penonjolan kulit), nodul (lebih besar dari papul) sampai kista (Nodul yang mengandung cairan). Ukurannya kira-kira berdiameter 0,1-3 milimeter.
Penyebabnya adalah sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. “Secara berkala pada kulit terjadi penumpukan sel-sel kulit mati, minyak dipermukaan kulit kemudian menutup sel-sel kulit dan terjadilah sumbatan,” terang perempuan berkacamata ini.

Bagaimana pengobatannya, Muji, sapaannya mengatakan bergantung komedo jenis apa yang terjadi karena komedo merupakan klinis pada ACNE biasanya terapi diikuti dengan terapi ACNE yang sedang dilakukan. Dapat juga dengan terapi topikal (penggunaan krim). “Pemebrian krim sebaiknya rekomendasi dokter spesialis kulit dan kelamin, karena pemberian obat topical dengan konsentrasi tertentu diberikan sesuai keadaan pasien,” katanya.

Selanjutnya ada terapi oral (penggunaan obat minum), kemudian untuk perawatan yang rutin khusus komedo dapat dilakukan Facial secara rutin.

Click to comment
To Top