KPK Diminta Periksa Kasus Perpanjangan Kontrak Pelindo II – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

KPK Diminta Periksa Kasus Perpanjangan Kontrak Pelindo II

FAJAR.CO.ID, Pengamat Politik dari Universitas Indonesia, Muhammad Budyatna, meminta KPK untuk tidak hanya fokus masalah korupsi pengadaan crane dalam kasus yang melibatkan Dirut Pelindo II RJ Lino, namun juga segera mengembangkan kasus tersebut dengan menelusuri kasus perpanjangan kontrak PT Pelindo II, dengan perusahaan asal Hong Kong, Hutchison Port Holding terkait pengelolaan PT Jakarta International Container Terminal (JICT).

dengan HPH sebelum habis masanya. Menurutnya  kasus besar di Pelindo  II sebenarnya bukanlan kasus pengadaan crane seperti yang saat ini diungkapkan oleh KPK dan juga pernah diselidiki oleh Bareskrim Polri.

“Saya melihat kasus ini sama seperti kasus PT Freeport Indonesia yang menyeret Ketua DPR Setya Noanto dengan kasus Papa Minta Saham. Masalah sebenarnya bukan pada korupsi pengadaan crane yang nilainya tidak seberapa dibandingkan dengan dugaan korupsi besar di balik perpanjangan kontrak PT Pelindo II dengan HPH dalam mengelola PT JICT,” ujar Budyatna ketika dihubungi, Minggu (19/12).

Dirinya yakin bahwa dibalik perpanjangan kontrak JICT sebelum habis  waktunya ada tangan-tangan “jahat” sehingga kontrak tersebut bisa diperpanjang sebelum waktunya.

“Bedanya kalau dalam kasus PT Freeport, Setya Novanto kan dikabarkan baru minta bagian, kalau untuk kasus perpanjangan kontrak JICT ini, ada yang sudah dapat bagian. Karena sama seperti PT Freeport, kalau belum ada yang dapat bagian, maka tidak mungkin kontrak yang merugikan negara itu bisa diperpanjang,” tegasnya.

Oleh karena itu dirinya pun menegaskan kalau KPK serius menangani kasus ini, maka akan ada tersangka-tersangka lainnya. Selama ini menurutnya banyak pejabat negara yang secara terang-terangan melindungi RJ Lino sampai-sampai hal ini menyebabkan Kabareskrim, Budi Waseso pun terpental dari jabatannya. (fmc)

Click to comment
To Top