Pemerintah akan Merubahn Desain Bentor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Pemerintah akan Merubahn Desain Bentor

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah berencana mengubah desain becak motor (bentor) sebagai jasa angkutan transportasi umum yang layak dan mengutamakan keselamatan penumpang.

Ya, bentor dianggap tidak memenuhi persyaratan sesuai undang-undang karena tidak disertai dengan surat resmi atau sertifikat, tidak memenuhi standar keamanan dan membahayakan keselamatan pengendara lain.

Layanan transportasi modifikasi ini terus menyebar di Pulau Sulawesi, Kalimantan, Papua hingga Yogyakarta. Padahal bentor belum ada aturan layaknya jasa angkutan online seperti UberTaxi, Go-Jek, GrabBike, dan GrabTaxi yang sempat dilarang beroperasi.

‎Terkait itu Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Julius Adravida Barata angkat bicara. Menurutnya, kendaraan khas Gorontalo itu harus mendapat pengakuan dari pemerintah menjadi angkutan umum resmi.

Sebab, selama ini ‎belum memenuhi standar keamanan atau safety transportasi umum karena posisi penumpang berada di depan.

“Ya sekarang kan memang belum memenuhi standar keamanan transportasi umum. Terutama roda tiga,” kata dia saat dihubungi, Sabtu (19/12).

‎Lantas apa Kemenhub akan melarang beroperasinya Bentor seperti layanan transportasi online?. Barata mengaku, keberadaan Bentor yang sudah menjamur di sejumlah daerah ini hanya akan diubah spesifikasi desainnya sesuai standar keamanan layanan angkutan publik.

“Gak, desain saja yang harus diubah agar keselamatan penump‎ang bisa lebih terjamin,” tegas dia.

Apalagi dirjen Perhubungan Darat (Hubdat) Kemenhub juga tengah menyiapkan prototype desain roda tiga untuk kriteria spesifikasi teknisnya. Seperti Bemo yang beroperasi di Jakarta.

“Kita akan konsultasi kan lagi dengan daerah-daerah yang ada Bentor. Itu (desain) sedang dikaji,” pungkas Barata. (hyt/JPG)

loading...
Click to comment
To Top