Akademisi: Begini Caranya, Agar Indonesia Bisa Aman dari Perang Proxy – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Akademisi: Begini Caranya, Agar Indonesia Bisa Aman dari Perang Proxy

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Indonesia bisa menangkis ancaman perang proxy dengan menggunakan strategi celah struktur. Artinya menguasai sumber informasi yang tak dimiliki pihak lain merupakan kesempatan untuk mengantisipasi ancaman perang proxy.

Demikian disampaikan pengamat komunikasi dari Universitas Indonesia (UI), Irwansyah, dalam diskusi bertajuk “Menangkis Ancaman Proxy War” yang di gelar  Forum Alumni Aktivis Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (FAA PPMI) di Cafe D’ Resto, Plaza Festival, Kuningan, Jakarta (Minggu, 20/12).

BACA JUGA: REKOR! Minggu Pertama, Star Wars: The Force Awakens Raup USD 517 Juta

“Semakin banyak jaringan yang dimiliki oleh individu atau institusi tersebut maka semakin banyak informasi yang dimilikinya sehingga mampu mempengaruhi pihak lain,” ungkapnya.

Menurut Irwanysah, memahami esensi isu merupakan langkah awal mengantisipasi perang proxy. Terkait Indonesia yang telah meratifikasi konvensi internasional yang menguntungkan pihak asing, nampaknya perlu dilakukan sejumlah terobosan, dan keluar dari jebakan proxy.

BACA JUGA: Antara Miss Universe 2015 dan Kalimat Rasis Donald Trump

“Kita harus berani melakukan pemutihan terhadap seluruh kesepakatan dan perjanjian internasional yang menguntungkan pihak asing dan kekuatan global,” tegas Irwansyah. [ysa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top