Basarnas Fokus Cari Korban KMP Marina yang Terapung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Basarnas Fokus Cari Korban KMP Marina yang Terapung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Proses pencarian dan evakuasi korban KM Marina di perairan teluk Bone, Sulawesi Tenggara, hingga Senin (21/12) terus dilakukan. Badan SAR Nasional menyatakan 42 korban dari 108 orang yang terdata sebagai penumpang dan ABK, ditemukan tewas. Sementara puluhan lainnya ditemukan selamat dan sebagian lainnya dinyatakan masih hilang.

Kepala Basarnas Marsekal Felicianus Henry Bambang Soelistyo mengatakan saat ini pencarian korban akan diintensifkan selama tujuh hari ke depan. Waktu akan diperpanjang bilamana diperlukan.

Dari 108 penumpang Kapal Marina, 94 adalah orang dewasa dan 14 anak-anak. Sejak hilang kontak pada Sabtu (19/12), proses evakuasi mengalami kendala karena faktor cuaca. Pencarian terus dilakukan dengan kekuatan TNI AU, Polisi dan BNPBD Kolaka. Basarnas juga mengerahkan kapal SAR, kapal melayan, dan kapal Marina Express.

Hingga pukul 20.00 Wita, tadi malam (20/12), jumlah penumpang yang berhasil dievakuasi sebanyak 44 orang. Sebanyak 40 orang dievakuasi ke RS Djafar Harun, Kolaka Utara dan 4 orang lainnya dievakuasi ke Siwa (Sulsel). Diantara korban yang dievakuasi ke Kolaka Utara, 3 orang diantaranya meninggal dunia dan 37 lainnya selamat.

Sebagian penumpang ditemukan dalam kondisi lemas, terapung-apung di perairan Sulaho. Proses evakuasi dilakukan beberapa tahap karena korban terpisah-pisah akibat diseret arus laut.

Evakuasi dilakukan pada dua titik yakni di By Pass Lasusua dan Pelabuhan Feri Tobaku (Kolaka Utara). Saat dievakuasi, beberapa korban dalam keadaan kritis karena sudah semalaman terapung dan dihantam gelombang laut. (afz/JPG)

Click to comment
To Top