Golkar Belum Tentukan Sikap Soal Pembentukan Pansus Freeport – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Golkar Belum Tentukan Sikap Soal Pembentukan Pansus Freeport

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Partai Golkar belum menentukan sikap dalam soal pengajuan hak angket Freeport. Anggota Fraksi Partai Golkar DPR-RI, ‎Eni Maulani Saragih mengatakan, hingga kini partainya masih belum memutuskan sikap dan masih pada tahap proses pengkajian apakah akan mendukung atau menolak hakangket.

BACA JUGA: Harga Minyak Dunia Turun Tapi Pemerintah Enggan Permak Harga Premium

“Hingga hari ini, Fraksi Partai Golkar belum membuat keputusan apapun terkait pansus freeport. Tapi, beberapa anggota (Fraksi Golkar) sudah menyatakan mendukung,” kata Eni di sela-sela diskusi‎ bertajuk “Pansus/Angket Freeport dan Skandal Penguasaan Sumber Daya Alam oleh Asing” di Jakarta, ‎Minggu (20/12).

“Secara pribadi, saya sangat setuju dengan dibentuknya Pansus, karena menurut saya kalau sekedar Panja tidaklah ‎cukup. Sebab hanya satu komisi. Makanya kalau bisa, kenapa tidak lintas komisi sekalian.‎ Biar semuanya jelas,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Ini Bedanya, Penerapan Hukum Antara Ahok dan RJ Lino

Anggota Komisi VII DPR RI ini mengatakan, bahwa isu Freeport telah masuk kepada isu politik dalam dan luar negeri.

Padahal, isu yang jauh lebih penting adalah menyangkut kedaulatan negara atau konstitusi atas kekayaan alam dan pengelolaannya sebagaimana diatur dalam Pasal 33 UUD 1945.

“Kita ingin mengurai secara konprehensif, agar semuanya tampak jelas hingga terang benderang. Kalau sekarang publik kan hanya tahu tentang yang disebut-sebut, ada SN, SS. Siapa sebenarnya yang diuntungkan dari proyek Freeport. Disinilah kedaulatan bangsa dipertaruhkan,” tegas Eni.

“Prinsipnya, kami ingin semua ‎isu yang beredar selama ini jelas, termasuk soal presiden sudah setuju (perpanjangan kontrak), lobi sana-lobi sini, sudah ada MoU dan lain-lain, semuanya kan belum jelas,” terang Eni.

Karena itu, Ani mengingatkan, agar Pansus Freeport jangan hanya dilihat dari sisi negatif. Bahwa itu akan dijadikan alat untuk memembak pihak-pihak tertentu dan lai‎n-lain.

Menurut dia, pembentukan Pansus tidak ada sama sekali kaitannya dengan membidik pejabat tertentu, tetapi semata-mata demi kedaulatan Tanah Air.

“Jadi, nanti hasilnya akan kita rekomendasikan kepada pemerintah. Makanya bagi saya ini (Freeport) penting disikapi. Sehingga tidak menjadi bola panas di tengah-tengah masyarakat,” tandasnya. (rmn)

loading...
Click to comment
To Top